26 January 2022, 13:45 WIB

Polisi di Kudus Mulai Divaksin Booster


Jamaah | Nusantara

MI/Jamaah
 MI/Jamaah
Anggota Polres Kudus disuntik vaksin ketiga atau booster, pada Rabu Rabu (26/01/2022) di Mapolres Kudus.

GUNA meningkatkan antibodi secara penuh agar terhindar dari virus Sars-CoV-2 varian omicron, ratusan personel Polres Kudus menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau vaksinasi booster (penguat), Rabu (26/01/2022).

''Hari ini kita melaksanakan vaksinasi booster kepada personil kita untuk meningkatkan imunitas anggota kepolisian dari paparan Covid-19,''  kata Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama, saat memantau langsung pelaksanaan vaksinasi booster di halaman Polres Kudus.

Polres Kudus mencatat ada 840 personel yang akan mendapat vaksin booster jenis Astrazeneca dibagi 3 gelombang. Mereka adalah para pejabat utama (PJU), Kapolsek jajaran, para perwira dan anggota Polres serta ASN Polres Kudus.

"Anggota Polri memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Apalagi sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 dalam melayani masyarakat, sehingga kami berharap ini bisa meningkatkan kekebalan (imunitas)," ungkap AKBP Wiraga Dimas Tama.

Ia mengatakan jenis vaksin ketiga itu adalah Astrazeneca. Vaksinasi dilakukan, dengan harapan herd immunity juga bisa secepatnya terbentuk. Terlebih lagi, Covid-19 saat ini belum selesai, bahkan muncul varian baru termasuk Omicron.

Sebelum diberikan suntikan penguat tersebut, seluruh personel juga harus dilakukan pemeriksaan guna memastikan apakah mereka layak atau harus ditunda pemberian vaksinnya.

Setelah prosedur dilakukan termasuk cek tensi darah, kemudian dilanjutkan dengan pemberian vaksin penguat. Mereka juga harus tetap menunggu setelah pemberian vaksin itu apakah ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) atau tidak.

"Kami juga menghadirkan dokter. Ini bagian dari screening.Jika memiliki penyakit penyerta dan kalau dari anjuran belum layak menjalani vaksin ketiga maka personel tersebut tidak akan kita lakukan vaksinasi," imbuhnya..

AKBP Wiraga Dimas Tama mengimbau masyarakat kudus juga mengikuti vaksinasi dengan baik. Polres Kudus dan Pemkab Kudus terus mempercepat vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

''Mulai dari door to door hingga kita melaksanakan vaksinasi pada hari libur guna mempercepat vaksinasi kepada masyarakat. Karena vaksin menjadi salah satu upaya untuk melawan Covid-19,'' pungkasnya. (JA/OL-10)

Jamaah.

BERITA TERKAIT