26 January 2022, 20:08 WIB

Sikka Terus Tingkatkan Cakupan Vaksinasi Covid-19


Gabriel Langga | Nusantara

Mi/Gabriel Langga
 Mi/Gabriel Langga
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sikka, Nusa Tenggara Barat.

PEMERINTAH Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus menggencarkan vaksinasi covid-19. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi di masyarakat.

"Saat ini kita sedang genjot vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Sikka baik dosis pertama dan kedua serta juga vaksinasi dosis lanjutan atau booster," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Dokter Clara Francis, Rabu (26/1).

Dikatakan untuk vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sikka sudah mencapai 84,99 persen dari sasaran 228.606 jiwa. Kemudian, capaian vaksinasi dosis kedua sudah capai 56,93 persen.

"Saat ini juga kita sedang kejar cakupan vaksinasi Covid-19 baik dosis pertama, kedua dan booster. Jadi kita mohon partisipasi semua pihak untuk meningkatkan capaian vaksinasi," ujar Clara,

Untuk vaksinasi anak-anak di usia 6-11 tahun, Pemkab Sikka sementara koordinasi dengan provinsi. Mengingat sasarannya mudah dijangkau dan terpusat karena kita bisa laksanakan di sekolah.

"Sampai Februari ini kami masih fokus lakukan vaksinasi untuk pelayanan publik termasuk para guru dan pendidik. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah bisa mulai untuk vaksinasi bagi anak-anak," tandas Clara.

Sedangkan cakupan untuk vaksinasi dosis booster di Sikka, jelasnyam baru mencapai 1,5%, Meski begitu ungkap dia lagi, capaian vaksinasi booster kita di Kabupaten Sikka paling tertinggi di Nusa Tenggara Timur.

Lebih jauh, Clara mengatakan langkah Pemkab Sikka  meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dilakukan untuk mengantisipasi dampak terburuk masuknya varian Omikron. Ia juga meminta masyarakat yang sudah menerima vaksin Covid-19 untuk tetap patuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas apapun. (OL-15)

BERITA TERKAIT