24 January 2022, 09:21 WIB

Ganjar Pranowo Tinjau KKN UGM hingga Desa Sungsang, Banyuasin


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

MI/Dok UGM
 MI/Dok UGM
Ketua Umum Keluarga UGM Ganjar Pranowo saat berada di Banyuasin, Sumsel.

KETUA Umum Keluarga Universitas Gadjah Mada, Ganjar Pranowo melakukan blusukan untuk menengok kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN UGM) di Desa Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. 

Ganjar pun menyampaikan KKN, yang dilakukan perguruan tinggi itu, diharapkan bisa membantu persoalan yang dihadapi oleh suatu wilayah.

"Perguruan tinggi (dalam kegiatan KKN) menjadi satu energi untuk bisa menganalisis dan menyelesaikan persoalan," kata dia, Sabtu (23/1).

Baca juga: Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

Ganjar mengakui, sebuah persoalan tidak dapat diselesaikan secara cepat, satu periode KKN. Oleh sebab itu, KKN di suatu daerah tidak cukup dilakukan sekali, tetapi secara berkelanjutan.

"Setelah (tim KKN) ini pulang, ada lagi (tim KKN yang baru). Setelah itu, ada lagi (tim KKN baru) agar ini bisa berkelanjutan," papar dia.

Masa kerja tim KKN di sebuah wilayah berlangsung selama 50 hari. Dalam  setahun, ia pun berharap ada 9 tim KKN yang bertugas di wilayah tersebut secara bergantian agar program yang telah dibuat dapat terus berlanjut, seperti persoalan pengelolaan sampah dan pengolahan air.

Ia mengatakan, secara institusi, UGM pasti akan membantu mahasiswanya yang KKN. Selain itu, hasil riset di kampus juga banyak yang bisa diimplementasikan untuk menangani persoalan di lokasi KKN. 

Di sisi lain, pembiayaan program dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, misal Baznas, CSR perusahaan, filantropi, APBD, hingga dana desa.

"Banyak jalan (untuk) bergotong royong (menyukseskan program pemberdayaan KKN)," kata Ganjar.

KKN di Desa Banyuasin merupakan KKN kolaboratif antara Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, dan UIN Raden Fatah, Palembang. 

Dalam kesempatan itu, Ganjar Pranowo tidak hanya berdialog dengan mahasiswa KKN, tetapi juga dengan warga sekitar yang mayoritas mata pencahariannya sebagai nelayan.

Selain mengunjungi lokasi KKN, Ganjar Pranowo juga sempat bersepeda bareng dengan anggota Kagama Sumatra Selatan. Pada malam harinya, ia melantik Joncik Muhammad sebagai Ketua Kagama Sumatra Selatan. 

Ganjar melantik pria yang saat ini menjabat Bupati Empat Lawang tersebut di rumah dinas Gubernur Sumatra Selatan. (OL-1)

BERITA TERKAIT