21 January 2022, 16:56 WIB

Ketua DPR Puan Maharani Resmikan Jembatan Gantung Girpasang di Klaten


mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Ketua DPR RI Puan Maharani dan Dirut PT Amarta Karya Nikolas Agung SR menghadiri peresmian jembatan gantung Girpasang di Klaten, Jateng.

PEMBAGUNAN jembatan gantung Dusun Girpasang di Kabupaten Klateng, Jawa Tengah, telah selesai. Paresmian jembatan ini disambut gembira warga Dusun Girpasang. 

Jembatan gantung ini diresmikan langsung Ketua DPR RI Puan Maharani dan juga dihadiri Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Bapak Yudha Handita Pandjiriawan pada Kamis (20/1). 

Dalem peresmian jembatan gantung Dusu Girpasang, turut hadir Direktur Utama PT Amarta Karya (Persero) atau Amka, Nikolas Agung SR. 

Peresmian ini merupakan salah satu kontribusi nyata Amka untuk Indonesia khususnya bagi warga Dusun Girpasang, sebagaimana selaras dengan tujuan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Dalam keterangan pers, Jumat (21/1), Nikolas Agung SR mengatakan,“Warga Dusun Girpasang sebelum ada jembatan ini harus berjalan kaki sekitar 19 menit menuruni anak tangga sebanyak 1001 untuk keluar dari dusunnya."

"Alhamdulillah Puji Syukur atas dukungan dan kerja sama dari semua pihak, sekarang Warga Dusun Girpasang hanya perlu berjalan kaki melewati Jembatan kurang lebih 2 menit,” ucap Nikolas.

Nikolas menjelaskan jembatan gantung ini membuka akses untuk menghubungkan Dusun Beringin dan Dusun Girpasang.

"Memang kita mengetahui sebelumnya Dusun Girpasang yang dihuni 12 keluarga dengan penduduk 34 jiwa ini merupakan desa terisolir yang dikelilingi oleh dua lembah yang biasa disebut jurang pakis, setelah ada Jembatan ini akses logistik, pangan, dll jadi lebih mudah dan terbuka,” ujar Nikolas.

Sebelum ada jembatan gantung warga Dusun Girpasang mengalami kesulitan untuk keluar dusun yang harus meniti jalan setapak berupa anak tangga naik turun jurang yang sangat panjang, atau menyeberangkan barang-barang yang dibawa melalui gondola dari kayu.

Nikolas menututkan bahwa dengan hadirnya jembatan ini dapat menjadi pemersatu antar wilayah desa, seperti Jembatan Gantung Girpasang. Jembatan ini menghubungkan Dusun Girpasang dengan Dusun Beringin, Desa Tegalmulyo, Kecamata Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang tadinya terpisah oleh jurang pakis sedalam 150 meter.
 
Sebagai informasi spefisikasi jembatan ini memiliki tinggi 15 m, Panjang 120 m, lebar 180 cm, berat 102 ton, terbuat dari Fabrikasi Baja dan memiliki beban maksimum 3 kN/m2 serta hanya boleh dilalui oleh pejalan kaki dan kendaraan ringan (sepeda, gerobak dan sepeda motor roda dua).

Corporate Secretary PT Amarta Karya (Persero) Pandhit Seno Aji menambahkan komitmen serta bukti nyata BUMN Amka hadir dekat dengan masyarakat serta dapat meningkatkan potensi wisata yang dimiliki  kedua dusun.

"Proyek jembatan gantung pejalan kaki ini menambah fortpolio kami dari lini bisnis manufaktur atau fabrikasi baja dimana kami sudah dipercaya selama 3 tahun berturut-turut  oleh Kementerian PUPR untuk mengerjakan proyek ini," pungkasnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT