20 January 2022, 13:00 WIB

BIN Daerah Jateng Kembali Bawa 1.300 Dosis Vaksin untuk Banyumas


Lilik Darmawan | Nusantara

MI/Lilik
 MI/Lilik
Binda Jateng gelar vaksinasi di Desa Somakaton, Kecamatan Somagede, Banyumas.

BADAN Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) kembali melakukan vaksinasi untuk 13 kabupaten di Jateng. Vaksinasi Binda masih tetap menjadikan anak usia 6-11 tahun sebagai sasaran.

Pada Kamis (20/1) dilaksanakan vaksinasi door to door di Desa Somakaton, Kecamatan Somagede, Banyumas. Di desa setempat, vaksinasi dari rumah ke rumah diutamakan untuk lansia yang belum sempat vaksin. Secara total jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 1.300 dosis.

Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan selain di Banyumas, Binda Jateng juga menggelar vaksinasi masaal di 13 kabupaten di Jateng. ''Yakni Banyumas, Temanggung, Purworejo, Magelang, Pati, Rembang Pekalongan, Batang, Tegal, Brebes, Boyolali, Sukoharjo dan Banjarnegara,'' jelasnya.

Dikatakan oleh Sondi, secara keseluruhan ada 19 ribu orang yang menjadi sasaran baik anak maupun orang dewasa. ''Kami mendirikan sebanyak 18 sentra vaksinasi di 13 kabupaten. Dari kabupaten yang menjadi sasaran, kebanyakan melayani anak-anak. Hanya ada beberapa kabupaten yang melayani anak-anak dan orang dewasa. Yaitu Banyumas, Purworejo dan Magelang,'' ujarnya.

Sementara untuk vaksinasi anak-pelajar dilaksanakan Temanggung, Rembang, Pekalongan, Brebes, Boyolali, Batang, Tegal, Pati dan Banjarnegara. Vaksinasi booster juga mulai dilaksanakan, tepatnya di Kabupaten Sukoharjo dan Pati, bersamaan dengan vaksinasi kepada anak-anak.

Vaksinasi warga secara door to door selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra vaksinasi.

Menurut Sondi, Binda Jateng juga terus memberikan edukasi protokol kesehatan (prokes) pada saat anak-anak maupunn masyarakat vaksin. Peserta vaksinasi harus tetap mengenakan masker dan menjaga jarak. (LD/OL-10)

BERITA TERKAIT