20 January 2022, 13:35 WIB

BMKG: 4 Kabupaten di Jateng Selatan Diminta Waspada Bencana


Lilik Darmawan | Nusantara

MI/Lilik Darmawan
 MI/Lilik Darmawan
Sejumlah kapal milik nelayan dijauhkan dari Pantai Kemiren, Cilacap, Jateng untuk mencegah rusak akibat gelombang tinggi. 

STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) meminta kepada empat kabupaten di Jateng bagian selatan untuk waspada bencana. Pasalnya, mulai Kamis hingga Jumat (20-21/1) ada potensi hujan deras.

Pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, ada empat kabupaten yang terancam bencana akibat adanya potensi hujan lebat.

"Di Cilacap, daerah yang perlu diwaspadai ada 9 kecamatan. Yakni Dayeuhluhur, Wanareja, Sidareja, Gandrungmangu, Bantarsari, Karangpucung, Cimanggu, Cipari dan Nusawungu," jelas Rendi, Kamis (20/1).

Selain di Cilacap, di Banyumas ada dua kecamatan yakni Lumbir dan Tambak. Sementara di Kebumen ada 10 kecamatan yang harus waspada. Yaitu Ayah, Buayan, Puring, Kuwarasan, Rowokele, Bonorowo, Mirit, Ambal, Kutowinangun serta Prembun.

Sedangkan di Banjarnegara ada 8 kecamatan yang harus siap siaga yakni Banjarmangu, Punggelan, Kalibening, Karangkobar, Wanayasa, Pagentan, Pejawaran dan Batur.

Rendi mengungkapkan selain hujan lebat, ada potensi terjadinya angin kencang dan sambaran petir. "Kami berharap supaya warga di wilayah bencana dan pemkab untuk siap siaga," jelas Rendi. (OL-13)

Baca Juga: BMKG: Warga di NTT Diingatkan Dampak Hujan Deras hingga Jumat

 

BERITA TERKAIT