20 January 2022, 08:49 WIB

Sungai Meluap, 200 Rumah di Desa Golantepus Kudus Terendam Banjir


Jamaah | Nusantara

MI/Jamaah
 MI/Jamaah
Warga berjalan menerjang banjir yang menggenangi Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Kamis (20/1/2022).

MENINGKATNYA intensitas hujan di Kudus beberapa hari terakhir, membuat Sungai Mrisen di Desa Golantepus, Kecamatan mejobo, Kabupaten Kudus tergenang. Ketinggian banjir mencapai 40 sentimeter menggenangi ratusan rumah warga.

Kepala Pelaksana Harian Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo menyampaikan, banjir terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mulai menggenangi permukiman warga Desa Golantepus pada Rabu (19/1) pukul 21.30 WIB.

"Sungai Mrisen yang alamiah rendah yang sudah tidak kuat menahan tekanan air yang deras. Ini limpasan sungai," kata Kalakhar BPBD Kudus Kamis (20/1/2022) pagi.

Sekira pukul 23.00 WIB air terus meningkat dan memasuki rumah warga. Air Sungai Mrisen meluap bercampur lumpur menggenangi permukiman warga dengan ketinggian air bervarisi kisaran 30-40 sentimeter. Dampak berat terjadi di empat RT di RW 2.

"Karena lokasinya yang cukup cekung serta terapit dua sungai meluap yang melintas Desa Golantepus," ungkap Budi.

Dari data BPBD Kudus tercatat kurang lebih 250 KK terdampak banjir, dengan kurang lebih 200 rumah warga terendam banjir. Hingga kini relawan BPBD Kudus beserta sejumlah relawan dari FRPB Kudus masih bersiaga di lokasi banjir Desa Golantepus.

"Ini perlu upaya penanggulangan sungai mrisen secara frontal dan memperbaiki pintu air, karena langanan banjir," imbuhnya. (JA/OL-10)

BERITA TERKAIT