19 January 2022, 16:40 WIB

Sulteng Bangun Stadion Megah Sambut Tuan Rumah PON XXII 2028  


M Taufan SP Bustan | Nusantara

MI/M Taufan SP Bustan
 MI/M Taufan SP Bustan
Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura. 

PEMERINTAH Sulawesi Tengah, akan membangun stadion megah sebagai persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII 2028 di provinsi itu.  

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng, Irvan Aryanto mengatakan, saat ini seluruh pihak termasuk gubernur Sulteng Rusdy Mastura, tengah berjuang untuk mematangkan persiapan sebagai tuan rumah PON XXII 2028 bersama pemerintah Gorontalo. 

Salah satu persiapan itu, lanjutnya, dengan membangun gedung stadion megah berkapasitas 20 ribu penonton di Palu. "Stadion itu nantinya digunakan untuk PON XXII 2028 dan setelahnya bisa digunakan masyarakat umum," terang Irvan, Rabu (19/1).  

Menurutnya, seluruh hal yang berkaitan dengan persiapan sedang dilakukan pemerintah Sulteng bersama pemerintah Gorontalo, termasuk telah mengajukan draf pengajuan dibangunnya gedung stadion dan sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XXII 2028 ke pemerintah pusat. 

Karena untuk menjadi tuan rumah harus mengikuti sejumlah tahapan. Misalnya harus ada Amdal, Andalalin, IMB, dan sebagainya. "Untuk waktu pembangunan kami belum bisa pastikan, namun yang terpenting Insya Allah gedung stadion tersebut sudah bisa digunakan dalam pelaksanaan PON XXII 2028 mendatang," tegas Irvan.  

Untuk lokasi pembangunan stadion telah ditentukan di kawasan Hutan Kota yang berada di Jalan Jabal Nur, Kelurahan Talise, Mantikulore, Palu. Pemilihan kawasan Hutan Kota karena memiliki lahan seluas 9-10 hektare.  

"Kita minta dukungan semua pihak termasuk dukungan masyarakat Sulteng. Semoga terwujud sehingga bisa digunakan tahun 2028 pada pelaksanaan PON XXII," tandas Irvan. (TB/OL-10)

 

BERITA TERKAIT