19 January 2022, 10:00 WIB

Stok Batu Bara Untuk PLTU di Babel Aman untuk Sebulan Saja


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MI/Rendy Ferdiansyah
 MI/Rendy Ferdiansyah
PLTU Air Anyir, Bangka masih memiliki stok batu bara untuk satu bulan saja, Rabu (19/1)

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Provinsi Bangka Belitung (Babel), menyebut stok batubara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Air Anyir Bangka aman dan diperkirakan cukup untuk satu bulan kedepan.

General Manager PLN UIW Babel Amris Adnan mengatakan selama ini pasokan batubara sebagai bahan bakar pembangkit PLTU air anyir lancar dan tidak pernah kosong.

"Selama ini pasokan batubara kita aman dan lancar, stok yang ada pun tidak pernah kosong, sehingga tidak berampak pada pemadaman listrik," kata Amris Adnan. Rabu (20/1).

Ia mengaku, setahun PLTU Air Anyir menghabiskan bahan bakar batu bara seberat 70000 metrikton."setiap bulan itu PLTU kita perlu 1300 ton batubara untuk menyalakan listrik se-Pulau Bangka," ujarnya.

Saat ini, menurut dia, stok batu bara yang ada di PLTU air anyir cukup hingga satu bulan kedepan. "stok kita aman, terlebih nanti 22 Januari akan masuk stok baru lagi, jadi tidak ada masalah," terangnya.

Ia menjelaskan sistem kelistrikan di Pulau Bangka, ada dua pembakit besar pertama PLTU kedua, ada dua Pembangkit Listrik Tenaga Gas PLTG.

"Kalau pembangkit besar kita ada dua, tapi yang kecil-kecil banyak, ada di Air Anyir, Merawang Bangka, Muntok Bangka Barat dan Toboali Bangka Selatan,"imbuhnya.

Intinya lanjut, Amris, Untuk Batubara tidak ada hambatan lancar sehingga tidak ada pemadaman listrik karena bahan bakar kosong.

"Memang kita ada pemadaman bergilir dalam beberapa hari ini, tapi ini kerusakan Control Valve pada PLTG TM2. Dan sekarang sudah selesai diperbaiki, dengan mendatangkan alat dari Pontianak, sehingga listrik kembali normal,"ucap dia. (OL-13)

Baca Juga: Tempat Pelelangan Ikan di Indramayu Tutup Akibat Cuaca Buruk

 

BERITA TERKAIT