18 January 2022, 13:50 WIB

Giliran Probolinggo Dilanda Banjir dan Longsor


Faishol Taselan | Nusantara

dok.medcom
 dok.medcom
Ilustrasi

BANJIR dan longsor melanda di Desa Gunggungan Kidul, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Satu orang ditemukan meninggal dunia atas nama Sunijar, 60.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga mengatakan, lonsgor dan banjir disebabkan turunnya hujan cukup deras di wilayah tersebut.

Debit air sungai yang melintas desa tersebut juga cukup deras hingga menyebabkan dua jembatan antardusun putus karena badan jembatan tidak kuat menahan terjangan derasnya arus sungai.

Dua jembatan terputus dan satu warung rusak berat akibat banjir di Dusun Pancor dan Dawuhan di Desa Gunggungan Kidul, sehingga akses untuk kedua dusun tersebut tidak bisa.

"Kami menerima dua orang dilaporkan hilang, namun satu sudah ditemukan dalam keadaan selamat sedangkan satu orang ditemukan meninggal dunia," katanya.

Tidak hanya itu, banyak rumah warga yang rusak termasuk areal persawahan. BPBD Probolinggo melakukan pendataan  kerusakan rumah dan juga fasilitas lainnya.

Tidak hanya banjir dan tanah longsor, angin puting beliung juga melanda Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat. Sebanyak 73 rumah rusak dan banyak pohon tumbang akibat bencana angin puting beliung di Kecamatan Besuk. (OL-13)

Baca Juga: Longsor dan Angin Ribut Kembali Mengusik Temanggung

BERITA TERKAIT