18 January 2022, 13:10 WIB

NasDem Buka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual di Jateng


Akhmad Safuan | Nusantara

MI/Panca
 MI/Panca
Ilustrasi

KASUS kekerasan seksual di Jawa Tengah terhitung tinggi hingga capai puluhan orang, Partai NasDem Jawa Tengah siap mengaktifkkan posko pengaduan kekerasan seksual dan akan turun tangan.

Berdasarkan data dihimpun Media Indonesia Selasa (18/1) Provinsi Jawa Tengah mencatat kasus pelecehan seksual seldms kurun waktu satu tahun di 2021 cukup besar, sebanyak 89 perempuan menjadi korban kekerasan seksual dari 120 perempuan yang menjadi korban kekerasan.

Hal itu yang dicatat oleh Legal Resources Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRCKJHAM) berdasarkan hasil monitoring. "Namun tidak semua dilaporkanan ke kami, dari 80 kasus kekerasan terhadap perempuan paling banyak kasus kekerasan seksual mencapai 48 kasus," kata Kepala Divisi Bantuan Hukum LRCKJHAM, Nihayatul Mukharomah.

Kekerasan seksual terhadap perempuan di Jawa Tengah, lanjut Nihayatul Mukharomah, meliputi 25 kasus perbudakan seksual, enam kasus pelecehan seksual, 29 kasus KDRT, delapan kasus perkotaan, tiga prostitusi dan sembilan dalam hubungan kekasih atau pacar. "Itu yang dilaporkan ke kami, bisa saja lebih banyak lagi," imbuhnya.

Terkait hal itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Tengah Ali Mansyur mengatakan, hari ini Partai NasDem mulai membuka posko pengaduan kekerasan seksual, maka berbagai persiapan telah dilakukan untuk
mmenanggulangi permasalahan tersebut serta memberikan pendampingan pada korban.

Langkah pembentukan posko tersebut, lanjut Ali Mansyur, mengingat kasus kekerasan seksual cuku banyak dan di Jawa Tengah termasuk tinggi dengan Korban cukup banyak, sehingga posko yang ditempatkan di kantor DPW NasDem di Komplek Royal Office Building Jalan Madukoro No 10, Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat dipandang cukup efektif.

"Mulai hari ini kira siap menerima aduan korban kekerasan seksual dan menindaklanjutinya," tambahnya. (OL-13)

Baca Juga: NasDem Buka Posko Aduan Korban Kekerasan Seksual se Indonesia

BERITA TERKAIT