17 January 2022, 17:38 WIB

Buaya Terkam Bocah Berusia 9 Tahun di Agam


Yose Hendra | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

TIM gabungan Polres Agam, Sumbar dan BKSDA setempat masih melakukan pencarian terhadap, AP, bocah berusia 9 tahun yang diduga diterkam buaya di Sungai Batang Masang, Jorong Padang Mardani, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Agam, Senin (17/1).

"Saya sudah perintahkan tim SAR dan SatPol Airud Polres Agam untuk melakukan penyisiran di sepanjang Sungai Batang Masang untuk mencari korban. Kita akan usahakan semaksimal mungkin untuk menemukan korban," ujar Kapolres Agam AKB Dwi Nur Setiawan yang memimpin langsung pencarian korban.

Dwi menjelaskan tim SAR Polres Agam sudah bergabung dengan Satpol PP dan BPBD Kabupaten Agam, bahkan BPBD dari Kabupaten Pasaman sudah  dihubungi untuk membantu melakukan pencarian. "Terdapat beberapa kendala dalam pencarian saat sekarang ini yaitu air sungai yang cukup deras dan keruh, namun masih bisa kita atasi. Mudah-mudahan korban bisa cepat kita temukan," katanya.

Dwi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran Sungai bnatang Masang untuk tidak melakukan aktivitas lagi karena sungai tersebut merupakan sungai konservasi Buaya. "Tercatat sudah 3 korban dalam 5 tahun terahir akibat konflik dengan buaya tersebut," tukasnya.

Kepala BKSDA Sumatra Barat Ardi Andono mengatakan, sungai Batang Masang memang habitat buaya. "Jadi buaya tidak bisa kita serta merta  dipindahkan, karena memang habitatnya disana," katanya. (OL-15)

BERITA TERKAIT