14 January 2022, 18:24 WIB

Festival Sekanak Lambidaro akan Digelar Februari Mendatang


Dwi Apriani | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Sungai Sekanak Lambidaro Palembang, Sumsel.  

BALAI Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII bersama Pemerintah Kota Palembang, Sumsel akan menggelar festival di Taman Sekanak Lambidaro. Selain sebagai menarik minat wisatawan ke Palembang, festival ini juga dilakukan untuk mengkampanyekan sungai bersih kepada masyarakat.

Rencananya, festival ini akan digelar awal Februari 2022 di sepanjang jalan Radial Palembang. Festival ini dilakukan menyusul rampungnya revitalisasi Sungai Sekanak Lambidaro tahap pertama. "Melalui festival ini, kita mencontohkan kepada masyrakat tentang sungai bersih itu bagaimana menjaganya," kata Kepala BBWS III, Maryadi Utama, Jumat (14/1).

Festival yang akan digelar selama dua hari ini, merupakan kegiatan non struktural yang dilakukan oleh BBWSS VIII. Kegiatannya mulai dengan kampanye oleh forkompinda, seperti menebar benih, mengambil sampah, hingga menanam pohon. Selain itu, pada festival tersebut juga ada acara hiburan seperti pameran kuliner, pameran kerajinan, hingga peragaan busana di atas sungai. "Kita akan ada fashion show nanti dilakukan diatas perahu di tengah Sungai Sekanak Lambidaro ini," ujarnya.

Melalui festival ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga sungai, terkhusus Sungai Sekanak Lambidaro yang sudah dilakukan revitalisasi. Karena, pihaknya tentu tidak ingin sungai ini rusak dan kotor kembali. "Jangan terusak lagi atau kotor kembali itu yang kami harapkan," tutupnya.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan Taman Sekanak Lambidaro merupakan destinasi wisata baru di Kota Pempek. Mulai dari kuliner, oleh-oleh, hingga hiburan nantinya akan di gelar di taman tersebut.

"Nantinya para pelaku UMKM akan dipusatkan disini, dan juga para komunitas seniman yang biasa di Jalan Sudirman juga akan dipindahkan ke sini," katanya.

Festival Sekanak Lambidaro sekaligus membuka kembali hiburan pedestrian yang sempat terhenti akibat pandemi. Festival ini juga akan dipersiapkan sebaik mungkin. Bahkan, pihaknya menyiagakan para petugas mulai dari Dinas PUPR, Dinas Pera KP, Satpol PP, dan OPD terkait lainnya. "Kita gencarkan terus untuk menata sungai-sungai di Kota Palembang sehingga cita-cita kita, Venesia dari Timur bisa terwujud," pungkasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT