07 January 2022, 19:56 WIB

Polisi Tembak Spesialis Perampok Mobil Tol Belawan


Yoseph Pencawan | Nusantara

DOK MI.
 DOK MI.
Ilustrasi.

TIMAH panas pistol polisi akhirnya menghentikan sepak terjang Olan. Ia diduga selama ini sudah banyak memakan korban dan meresahkan pengguna jalan Tol Belawan di Sumatra Utara.

Kapolres Pelabuhan Belawan Ajun Komisaris Besar Faisal Rahmat mengatakan, pihaknya telah menembak seorang pelaku perampokan mobil yang selalu beraksi di jalan Tol Belawan. "Pada saat ditangkap, yang bersangkutan melawan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur (ditembak)," ungkapnya, Jumat (7/1).

Dia menjelaskan, penangkapan terhadap tersangka berinisial HS alias Olan, 23, itu berkat hasil pengusutan dari lima laporan polisi yang masuk. Kelimanya melaporkan peristiwa perampokan dan pelemparan mobil saat melintasi Tol Belawan.

Laporan terbaru yang masuk yaitu pelemparan mobil pikap yang terjadi beberapa hari lalu. Setelah melakukan pengusutan, polisi pun mendapat identitas pelaku dan melakukan penangkapan di sekitar tempat tinggalnya.

Namun saat akan ditangkap, pelaku mencoba melarikan diri dan melawan petugas sehingga terpaksa dilumpuhkan. Saat ini tersangka sudah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk menjalani perawatan luka tembak.

Hukuman 15 tahun penjara pun menanti Olan di penghujung proses hukum karena polisi akan menjeratnya dengan Pasal 365 jo Pasal 64 tentang pencurian dan kekerasan. Ditambah lagi dengan penggabungan tindak pidana lain.

Faisal lebih lanjut menjelaskan, tersangka selama ini sudah tiga kali melakukan aksi perampokan. Olan juga sudah berulang kali melempar truk atau mobil yang melintas di Tol Belawan. Dia akan merampok mobil yang berhenti setelah disetopnya.

Namun jika mobil tidak berhenti, Olan akan melakukan pelemparan. Polisi mencatat warga Kampung Kurnia, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan itu sudah lima kali melakukan pelemparan mobil di Tol Belawan. Dari lima kali pelemparan tersebut tiga di antaranya terhadap tiga truk tangki dan dua lain mobil pikap.

Adapun aksi perampokan yang dilakukannya terjadi pada 22 Desember 2021. Olan merampok sopir angkutan bersama dengan lima rekannya.

Baca juga: Witan Sulaeman Pulang Kampung ke Palu Dijemput Pikap Ayahanda

Dengan menggunakan pisau mereka mengancam sopir mobil dan merampas sejumlah barang berharga. Polres Belawan masih melakukan pengembangan kasus dan memburu kelima rekan Olan yang lain. (OL-14)

BERITA TERKAIT