06 January 2022, 17:20 WIB

Pemkab Muara Enim Tunggu Perintah Pemprov Sumsel untuk Vaksin Anak 6-11 Tahun


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Ilustrasi.

PEMERINTAH Kabupaten Muara Enim tengah mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak. Rencananya sasaran vaksin ini akan menjangkau anak usia 6 sampai 11 tahun di Kabupaten Muara Enim.

Sekretaris Daerah Muara Enim, Emran Tabrani mengatakan untuk pelaksanaan vaksinasi anak pihaknya menunggu instruksi dari Dinas Kesehatan provinsi terkait Standar Operasional (SOP) vaksinasi anak 6 hingga 11 tahun.

''Ini karena tentunya fokus lokus dari pada vaksin ini adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar yang memiliki tingkat imunitas yang berbeda dengan orang dewasa,'' tuturnya, Kamis (6/1/2022).

Pada prinsipnya, pihaknya sebagai pelaksana harus mempersiapkan tahapan sebaik mungkin. Sehingga pada saat instruksi dari Dinkes Provinsi sudah diperoleh bahan untuk jadikan sebagai dasar untuk melaksanakan vaksinasi tersebut.

''Dan yang tak kalah pentingnya harus kita bentuk tim monitoring yang terdiri dari Perangkat daerah terkait dan tentunya setidaknya di dalam tim vaksinator nanti ada Dokter yang diperuntukkan untuk medical check sebelum anak-anak ini mendapatkan vaksinasi,'' jelasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh perangkat dan pihak terkait yang ikut terjun dalam kegiatan vaksinasi baik itu vaksinator maupun tim monitoring untuk bersiap. ''Saya tekankan untuk mementingkan profesionalitas jangan sampai karena dikejar tuntutan kita melupakan profesionalitas dalam hal ini SOP dan protokol kesehatan,'' ungkapnya.

Diakui Emran, saat ini di Kabupaten Muara Enim sudah mencapai target sebesar 74% vaksinasi dosis pertama. ''Namun kita tetap harus waspada jangan sampai menimbulkan klaster baru,'' jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Oku Asmana mengatakan, pihaknya siap men-support kegiatan vaksinasi yang menyasar anak-anak. Untuk itu, saat ini pihaknya sudah menyiapkan kurang lebih 38.000 dosis vaksin Sinovac untuk anak usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Muara Enim. "Untuk stok vaksin kita siap. Namun memang untuk pelaksanaannya kita tunggu arahan dari provinsi," pungkasnya. (DW/OL-10)

BERITA TERKAIT