04 January 2022, 20:35 WIB

8 Januari, Proyek Rel Layang Simpang 7 Joglo, Solo, mulai Dibangun


Widjajadi | Nusantara

MI/WIDJAJADI
 MI/WIDJAJADI
Lokasi pembangunan Jalan Rel Layang Simpang 7, Joglo, Kota Surakarta, Jawa Tengah


JULI 2021, proyek pembangunan  rel layang Simpang 7 Joglo, di Kota Surakarta, Jawa Tengah, direncanakan akan mulai dibangun. Namun, karena sejumlah kendala, rencana itu terus mundur.

Selasa (4/1), Wali Kota Gibran Rakabuming Raka memastikan pekerjaan itu akan dimulai pekan ini. "Peletakan batu pertama dimulainya pembangunan rel layang Simpang 7 Joglo dilakukan 8 Januari."

Ia mengakui proyek yang akan berjalan 3 tahun ini sangat kompleks. Untuk itu, harus dikawal bareng-bareng, dari mulai tingkat kelurahan, kecamatan dan dinas terkait.

"Semua pihak harus ikut menanggulangi berbagai persoalan yang menghadang. Dari soal keluhan kecil-kecilan hingga soal lain yang sangat kompleks," tambahnya.

Terkait hal teknis, seperti menyangkut lelang tender pekerjaan rel layang sudah tuntas. Lelang dibuat pada 25 Oktober 2021 itu diikuti 61 peserta. Pemenangnya adalah PT Wijaya Karya, dengan nilai penawaran mencapai Rp280,4 miliar.

Saat ini, lokasi pembangunan yang berada di lahan milik PT Kereta Api Indonesia itu sudah bersih, terutama dari hunian. Total anggaran untuk penanganan dampak sosial mencapai Rp31 miliar untuk 551 hunian dan tempat usaha di empat kelurahan.

Gibran meyakini proyek pengurai kemacetan itu akan berdampak positif bagi kegiatan ekonomi di sejumlah kelurahan. (N-2)

BERITA TERKAIT