02 January 2022, 15:45 WIB

Jumlah Wisatawan ke Borobudur pada Liburan Akhir Tahun Meningkat


Tosiani | Nusantara

Antara/Anis Efizudin.
 Antara/Anis Efizudin.
Wisatawan bersepeda mengelilingi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jateng, Senin (25/10/2021).

SEKTOR pariwisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, cenderung membaik. Ini seiring dengan penurunan status PPKM menjadi level 2.

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) berharap status PPKM di daerahnya terus membaik, sehingga angka kunjungan wisatawan makin tinggi. "Semoga PPKM Kabupaten Magelang terus membaik menjadi level 1 sehingga otomatis akan berdampak pada membaiknya sektor pariwisata. Jika PPKM level 1, penyelenggaraannya lebih longgar, meskipun protokol kesehatan tetap diperketat," ujar General Manager TWCB Aryono Hendro, Minggu (2/1/2022).

Sejauh ini, pengunjung pada liburan akhir 2021 cenderung meningkat dibanding 2020. Musim ramai pengunjung akhir tahun periode 22-31 Desember 2021 di Candi Borobudur mencapai 48.017 orang. Ini meningkat dari periode yang sama pada 2020 yang hanya 31.507 orang.

Ia menduga kenaikan angka kunjungan wisatawan itu karena level PPKM di Kabupaten Magelang telah menjadi level 2. Kondisi ini memberi peluang kunjungan naik dan akses untuk anak-anak sudah bisa masuk. Adapun saat liburan akhir 2020 diberlakukan PPKM darurat sehingga menekan kunjungan wisatawan.

Baca juga: Cianjur Memulai Vaksinasi Anak saat Masuk Sekolah

"Tahun ini agak longgar karena Kabupaten Magelang sudah level 2," katanya. Kendati demikian, pihaknya merasa belum memungkinkan untuk menetapkan target kunjungan wisata. Ia hanya berharap pertumbuhan sektor pariwisata 2022 semakin membaik. (OL-14)

BERITA TERKAIT