30 December 2021, 12:18 WIB

Wakapolres Sidak Ruang Tahanan Polres Kudus


Jamaah | Nusantara

MI/Dok Polres Kudus
 MI/Dok Polres Kudus
Wakapolres Kudus Kompol Eko Rubiyanto melakukan pemeriksaan di ruang tahanan Polres Kudus, Kamis (30/12).

INSPEKSI mendadak (sidak) dilakukan Wakapolres Kudus Kompol Eko Rubiyanto di ruangan tahanan Polres Kudus Polres Kudus, Kamis (30/12). Satu-satu ruang tahanan diperiksa. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi masuknya senjata tajam ke ruang tahanan.

"Ini perlu dilakukan, untuk mengantisipasi tahanan. Selain melihat sajam juga melihat seluruh kondisi tahanan," kata Eko Rubiyanto.

Eko Rubiyanto menyebut sidak itu untuk mengantisipasi terjadinya tahanan yang ingin melarikan diri atau bunuh diri di dalam tahanan. Petugas mengecek adanya alat atau sarana yang dilarang masuk dalam ruang tahanan.

Baca juga: Tebing Longsor Timpa Dua Rumah di Desa Menawan Kudus

Pihaknya menginginkan dalam penjagaan tahanan, personel yang sedang tugas agar selalu siaga dan meningkatkan kewaspadaanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, melakukan kontrol kepada tahanan khususnya terkait masalah kesehatan dan kebersihan serta keamanan tahanan.

"Jangan meremehkan penjagaan. Kami tidak ingin ada tahanan yang kabur maupun berulah di dalam ruangan," jelasnya.

Pihaknya meminta, para tahanan merapikan baju yang berserakan agar situasi atau keadaan tahanan tetap bersih. 

"Tidak ada yang merokok di sini. Ini adalah tempat kalian untuk instrospeksi diri," terangnya.

Selama pemeriksaan berlangsung tidak ditemukan hal-hal yang dilarang, seperti HP, rokok, atau barang lain yang dilarang.

"Kalau ada yang sakit, kita sudah siapkan tim medis untuk menanganinya. Begitu juga ada pemantauan melalui CCTV," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT