28 December 2021, 12:26 WIB

Tebing Longsor Timpa Dua Rumah di Desa Menawan Kudus


Jamaah | Nusantara

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Kondisi pascakejadian longsor di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

TEBING di Dukuh Kambangan Desa, Menawan Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, longsor pada Senin (27/12/2021). Akibatnya, tebing longsor menimpa dua rumah warga yang berada di bawahnya.

Kalakhar BPBD Kudus Budi Waluyo menyampaikan, longsor yang menimpa dua rumah terjadi saat hujan sedang pada Senin malam. Tebing setinggi 15 meter dan lebar 16 meter longsor usai wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas hujan sedang dan lebat.

"Kronologi kejadian, hujan intensitas sedang dan lebat pada sore hari kemarin menyebabkan tebing di belakang dua rumah tersebut terjadi longsor," kata Budi dalam pesan tertulisnya kepada Media Indonesia, Selasa (28/12/2021). Longsor terjadi sekira pukul 20.00 WIB. 

Akibatnya dua rumah milik warga atas nama Sucipto dan Asvi Hani warga RT 3 RW 5 Dukuh Kambangan, Desa
Menawan, Kecamatan Gebog, mengalami kerusakan pada bagian belakang rumah. "Tiga dinding kamar milik Bapak Sucipto jebol. Satunya dinding kamar Asvi Hani juga jebol," jelasnya.

Beruntung dalam kejadian longsor tebing setinggi 15 meter tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Penghuni rumah berhasil selamat dari kejadian tersebut.

Kini BPBD Kudus bersama relawan yang tergabung dalam FPRB Menawan melakukan penanganan membersihkan lokasi paska tebing longsor. "Giat penanganan longsor dilakukan pagi karena kondisi cuaca dan lokasi saat malam hari yang masih rawan," ungkapnya.

Baca juga: Abrasi Sungai Cimanuk Ancam Puluhan Rumah di Majalengka

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada, terutama yang tinggal di wilayah rawan bencana longsor maupun banjir. "Pada saat hujan agar menjauh dari tebing," tambahnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT