27 December 2021, 21:18 WIB

Abrasi Sungai Cimanuk Ancam Puluhan Rumah di Majalengka


Nurul Hidayah | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi

SEBANYAK 50 rumah warga di Desa Ampel, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terancam ambruk akibat abrasi Sungai Cimanuk. sebelumnya sudah ada 3 rumah warga yang ambruk karena abrasi Sungai Cimanuk.

Ketiga rumah tersebut berada di Blok 88 RT 21  RW 06 dan letaknya tidak jauh dari bantaran Sungai Cimanuk. Sekalipun sudah dibuat tembok penahan tanah (TPT), air sungai tetap naik ke permukaan dan menggerus tanah serta rumah tiga warga hingga ambruk.

"Ambruknya tiga rumah warga tersebut terjadi pada Jumat (24/12) lalu. Beruntung tidak ada korban jiwa," ungkap Kepala Desa Ampel, HR. Opendi, Senin (27/12).

Saat ini, lanjut Opendi, sebanyak 50 rumah warga lainnya kini terancam. Puluhan rumah warga yang terancam tersebut berada di sepanjang bantaran Sungai Cimanuk.

Rata-rata rumah mengalami retak di bagian lantai dan dinding. Bahkan ada pula yang pondasinya sudah menggantung. "Sejumlah warga terpaksa harus mengungsi ke rumah keluarga mereka karena takut rumah tiba-tiba ambruk," tutur Opendi.

Menurut Opendi, pemerintah desa Ampel sudah sering mengajukan permintaan perbaikan atau relokasi warga yang rumahnya terancam abrasi. Namun hingga kini permintaan tersebut belum direalisasikan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Majalengka, Indrayanto menjelaskan pihaknya telah menindaklanjuti persoalan di Desa Ampel. Diantaranya ke Dinas Sosial untuk penanganan sosial dan BBWS untuk penanggulangan bencanya.

Pihaknya juga telah melaporkan kejadian tersebut ke Pemprov. "Ada 3 rumah dengan 11 jiwa yang terdampak, tutur Indrayanto. (OL-15)

BERITA TERKAIT