24 December 2021, 17:20 WIB

Puluhan Santriwati di Brebes Keracunan seusai Santap Olahan Udang


Supardji Rasban | Nusantara

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
Santriwati Ponpes Putri Assalafiyah Desa Luwungragi, Bulakamba, yang mengalami keracunan menjalani perawatan di IGD RSUD Brebes.

PULUHAN santriwati pondok pesantren (Ponpes) Assalafiyah Putri Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah mengalami keracunan makanan. Diduga peristiwa itu disebabkan makanan olahan udang yang dijadikan lauk.

Para santriwati yang keracunan tersebut harus menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit (RS), Jumat (24/12/2021). Sekurangnya ada 50 santriwati yang mengalami keracunan.

Para santriwati yang mengalami keracunan menjalani perawatan di sejumlah RS. Di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Brebes tercatat 11 santriwati yang menjalani perawatan. "Sedangkan lainnya tersebar di Rumah Sakit Bhakti Asih di Kecamatan Wanasari dan Rumah Sakit Dedy Jaya di Kota Brebes," ujar Kepala Bidang (Kabid) Medis RSUD Brebes, Susilowati.

Ia menuturkan para santriwati harus menjalani perawatan setelah mengalami mual muntah dan diare. "Dari laporan yang kami terima mereka keracunan usai makan siang, Kamis (23/12)," terang Susilowati.

Salah seorang rekan santriwati yang keracunan Nur Hikmah, menyebut rekan-rekannya mengalami keracunan saat makan siang bersama. "Mereka menyantap olahan udang sebagai lauk pauk yang diberi seorang dermawan," jelasnya.

Menurut Nur Hikmah beberapa jam berselang setelah menyantap makakan, para santriwati mengeluhkan mual dan muntah bahkan ada yang terserang diare. "Oleh pihak pengelola pondok dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan," jelasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT