23 December 2021, 18:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Ruang Terbuka Hijau Kepada Pemkab Gianyar


mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Acara penandatanganan dan serah terima Taman Prajahita Mandhala RTH BPJS Ketenagakerjaan kepad Pemkab Gianyar, Bali.

DIKENAL dengan keindahan alamnya yang luar biasa, Gianyar merupakan salah satu tujuan wisata di pulau Bali yang menjadi favorit bagi turis lokal hingga mancanegara.

Untuk menjaga kelestarian alam tersebut Pemkab Gianyar dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bersinergi membangun sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Gor Kebo Iwa Gianyar. 

Selesainya proses pembangunan RTH yang diberikan nama Taman Prajahita Mandhala RTH BPJS Ketenagakerjaan ini ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima hibah yang dilakukan Anak Agung Gede Agung, Kadispora Kab Gianyar, yang bertindak sebagai perwakilan dari Pemkab Gianyar, dan Dian Agung Senoaji Pps Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJAMSOSTEK, Rabu (22/12).

Dian dalam keterangannya menyampaikan, pembangunan RTH ini merupakan bentuk kerja sama yang apik antara pihaknya dengan Pemkab Gianyar.

“Pembangunan landmark atau RTH ini memiliki beberapa tujuan, antara lain menyediakan ruang terbuka hijau yang bisa digunakan oleh masyarakat sebagai arena bermain anak, olahraga, hingga ajang bersosialisasi. Selain itu RTH ini juga digunakan untuk memperkenalkan program-program BPJAMSOSTEK kepada masyarakat," ujarnya.

Untuk lebih memperkenalkan program dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan, RTH seluas 13 ribu m2 ini didesain dan dibagi ke dalam 5 zona sesuai dengan jumlah program perlindungan yang dimiliki oleh BPJAMSOSTEK.

Dian menjelaskan, zona pertama pada RTH tersebut adalah zona Jaminan Hari Tua (JHT) yang terdiri dari fasilitas olahraga santai seperti jalur refleksi. Fasilitas tersebut identik dengan para lansia.

Zona kedua yaitu zona Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang berisi fasilitas olahraga dengan risiko tinggi seperti skate park dan wall climbing.

Zona ketiga bernama zona Jaminan Pensiun (JP) yang berisikan tempat untuk para lansia bersantai, ini sejalan dengan program Jaminan Pensiun, di mana peserta akan sejahtera memasuki usia pensiun. 

“Zona keempat di RTH kita namakan zona Jaminan Kematian (JKM) yang mana tempat tersebut dapat digunakan pengunjung yang datang untuk bermeditasi dan merefleksikan diri," tuturnya.

"Dan yang terakhir adalah zona Jaminan Kehilangan Pekerjaan, zona ini akan menyediakan fasilitas dalam berkreativitas dan menginspirasi pengunjung untuk menciptakan peluang usaha,” jelas Dian.

Selanjutnya Anak Agung Gede Agung menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada BPJAMSOSTEK atas kerja sama yang sudah terjalin ini.

“Saya mewakili pemerintah Kabupaten Gianyar mengucapkan banyak terima kasih karena BPJS Ketenagakerjaan sudah berkontribusi kepada Pemkab Gianyar dalam pembangunan di bidang kesehatan melalui pemberian hibah sarana prasarana olahraga, karena hal ini nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat gianyar pada khususnya,” ujar Agung.

Diketahui nama taman Prajahita Mandhala sendiri terdiri dari gabungan 3 unsur kata yaitu, praja yang berarti sebuah kota atau negeri, hita yang berarti kemakmuran atau kesejahteraan, sedangkan mandhala berarti wilayah kekuasaan.

Sehingga arti nama yang sekaligus juga doa Pemkab Gianyar atas nama taman Prajahita Mandhala adalah sebuah tempat yang menjadi pusat kota dan wilayah yang akan membuat masyarakatnya makmur dan sejahtera.

Agung melanjutkan, dirinya mengharapkan kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Gianyar ini bisa berkelanjutan dan tidak berhenti sampai pada pembangunan RTH saja, namun bisa diperluas pada program-program yang berbeda.

“Semoga BPJS Ketenagakerjaan bisa eksis terus di mata masyarakat, sehingga apa yang menjadi visi dan misi BPJS Ketenagakerjaan dalam mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat diwujudkan,” pungkasnya. (RO/OL-09)
 

BERITA TERKAIT