22 December 2021, 17:25 WIB

Empat Kabupaten di Jateng Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) meminta kepada empat kabupaten untuk waspada bencana. Pasalnya, ada potensi hujan lebat di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Kebumen dan  Purbalingga.

Pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa ada empat kabupaten yang harus waspada. "Empat kabupaten yang waspada adalah Cilacap, Banyumas, Kebumen dan Purbalingga. Curah hujan di sejumlah kecamatan di empat kabupaten setempat diperkirakan
tinggi," jelas Rendi, Rabu (22/12).

Dijelaskan Rendi, dengan curah hujan yang lebat, maka ada potensi  bencana hidrometeorologi. "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada. Pemkab juga siap siaga, karena ada potensi bencana  hidrometeorologi di antaranya angin banjir, longsor, angin kencang dan sambaran petir," ujarnya.

Menurutnya, di Cilacap ada 11 kecamatan yang harus waspada. Yakni Bantarsari, Kawunganten, Gandrungmangu, Kedungreja, Sidareja, Karangpucung, Cimanggu, Cipari, Wanareja, Dayeuhluhur dan Majenang. Kemudian, di Banyumas ada 12 kecamatan. Yaitu Ajibarang, Pekuncen, Gumelar, Lumbir, Karanglewas, Kedung Banteng, Baturraden, Cilongok, Pekuncen, Sumbang, Kembaran dan Purwokerto Utara.

"Sementara untuk Kebumen ada 12 kecamatan yang perlu waspada. Diantaranya adalah Sadang, Karangsambung, Karanggayam, Pejagoan, Alian, Sruweng, Karanganyar, Kebumen, Poncowarno, Padureso, Kutowinangun, dan Klirong. Sementara untuk Purbalingga ada dua kecamatan yaitu Padamara dan Kutasari," jelas dia. (OL-15)

BERITA TERKAIT