21 December 2021, 13:18 WIB

Kini, Kabupaten Sorong Punya Perpustakaan Daerah


Martinus Solo | Nusantara

MI/Martinus Solo
 MI/Martinus Solo
Bupati Sorong Johny Kamuru

KABUPATEN Sorong, Papua Barat, kini memiliki perpustakaan daerah yang memadai. Ini merupakan perpustakaan pertama yang ada di Kabupaten Sorong, ditandai dengan peresmiaan oleh Bupati Sorong Johny Kamuru, pada Selasa,(21/12).

"Saya ucapkan terima kasih banyak atas kerjasama dari semua yang tergabung dan mensukseskan pembangunan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sorong," kata Bupati Sorong Johny Kamuru.

Bupati Johny Kamaru bersyukur, karena di wilayah Provinsi Papua Barat, perpusataan daerah  baru ada di Kabupaten Sorong. Adanya perpustakaan ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk mencerdaskan generasi muda dan kebaikan bagi seluruh masyarakat.

"Kedepan saya harapkan agar perpustakaan ini selalu dijaga untuk generasi kita ke depan. Gunakanlah sebagai tempat membaca untuk membuka jendela dunia dan meningkatkan kecerdasan anak generasi kita ke depan," harap Bupati Johny.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kabupaten Sorong Yoab Mayor S.H.,M.Si menyampaikan, pembangunan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sorong dikerjakan dengan sumber dana alokasi khusus atau DAK fisik reguler bidang pendidikan sub bidang perpustakaan Tahun Anggaran 2021.

Proses pelaksanaan pekerjaan pembangunan diselesaikan dalam waktu 360 hari kalender kerja, yaitu mulai dari Maret sampai dengan November 2021. Serah terima kunci gedung dilakukan pada hari ini, Selasa (21/12/2021). Luas bangunan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Sorong mencapai 760 m² dengan dengan dua lantai.

"Perpustakaan berbasis inklusinasional yaitu salah satu upaya untuk meningkatkan fungsinya sebagai Wahana pendidikan penelitian informasi dan rekreasi bagi semua kalangan masyarakat sesuai kebutuhan," jelas Yoab Mayor.

Untuk gedung perpustakaan yang lama masih tetap dimanfaatkan, untuk menjalankan aktivitas- aktivitas pelayanan bidang tugas kearsipan. Kedepannya akan dijadikan Depo arsip untuk mengolah menyimpan dan melestarikan arsip-arsip statis di lingkungan Pemkab Sorong yang akan diakuisisi dinas perpustakaan dan kearsipan sebagai lembaga kearsipan daerah atau LKD

Hadir dalam kegiatan ini Pimpinan OPD, Kapolsek, Ketua Bakal Klasis Malamoi, Pimpinan Perguruan Tinggi Wilayah Kabupaten Sorong, para pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Sorong, Pimpinan Penerbit Airlangga, ketua Pimpinan DWP, Ibu Duta Baca Kabupaten Sorong Linda Kamuru. (OL-13)

Baca Juga:  Jenazah Leburaya Disambut Forkopimda Flotim sebelum ke Adonara

 

BERITA TERKAIT