19 December 2021, 18:30 WIB

Penyintas Erupsi Semeru Bersihkan Lokasi Terdampak


Bagus Suryo | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar terlihat dari Desa Oro Oro Ombo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (17/1/2021). 

PENYINTAS erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, melakukan pembersihan lokasi bencana dan meneruskan pendataan. Mereka bergantian berjaga guna keamanan barang yang ditinggal mengungsi para pemiliknya.

"Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penjarahan," tegas Sekretaris Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Syamsul Arifin, Minggu (19/12).

Baca juga: Babel Target Capaian Vaksinasi 75% Hingga Akhir Tahun

Selain itu, pembersihan masih diteruskan dekat tanggul areal Curah Kobokan karena jalan tertimbun lahar dingin.

Ia menjelaskan Minggu pagi masih terlihat awan panas guguran. Namun, material vulkanis tidak sampai mengenai permukiman penduduk. Saat ini, warga berada di tempat aman karena zona bahaya dikosongkan saat erupsi susulan, Kamis (16/12) pagi.

"Seluruh warga Desa Sumberwuluh masih mengungsi," katanya.

Sedangkan data awal rumah rusak berat di Sumberwuluh, lanjutnya, sekitar 300 rumah. Adapun sekitar 11 orang belum ditemukan dari 32 orang yang dilaporkan hilang saat erupsi pada Sabtu (4/12). Korban hilang itu selain warga setempat juga ada warga Kota Batu, Jatim. Mereka sopir truk pasir di Curah Kobokan. "Laporan awal ada yang sudah ditemukan, ada yang belum," tuturnya.

Ia menyatakan pendataan terdampak masih berlanjut termasuk mendata penyintas yang mencari rumah kontrakan secara mandiri. Warga lainnya bertahan di pengungsian menempati bangunan 21 sekolahan, masjid, balai desa dan kantor kecamatan.

Total pengungsi sebanyak 10.158 jiwa tersebar di 151 titik pengungsian Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro.

Sementara itu, tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru diperpanjang. Bupati Lumajang Thoriqul Haq memutuskan hal itu sampai Jumat (24/12) nanti. Lahan relokasi memanfaatkan lahan hutan Perhutani pun sudah siap untuk pembangunan hunian tetap di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro dan Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo.(OL-6)

BERITA TERKAIT