19 December 2021, 09:00 WIB

Belum ada Pemintaan Penambahan Jadwal Penerbangan Bandara Sentani


Mediaindonesia.com | Nusantara

Antara
 Antara
Bandara Sentani

PT Angkasa Pura I Bandara Sentani menyatakan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 penerbangan melalui tempat itu normal dan tidak ada rencana penambahan jadwal penerbangan.

Juru Bicara Bandara Sentani Surya Eka di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (18/12), mengaku walaupun belum ada permintaan maskapai yang akan menambah jadwal penerbangan, diprediksi ada kenaikan penumpang menjelang Natal.

Diprediksi lonjakan penumpang terjadi Selasa (22/12) dan diperkirakan terjadi kenaikan penumpang dari Bandara Sentani sekitar 18 persen dibandingkan dengan masa yang sama pada 2020 yang tercatat 83.703 orang.

Selain peningkatan jumlah penumpang, kata Surya, juga terjadi kenaikan pergerakan pesawat yang diperkirakan sekitar 26 persen, yaitu 3.039 pergerakan pesawat dibandingkan masa yang sama pada 2020 yang tercatat 2.408 pergerakan pesawat.

Tercatat sembilan maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Bandara Sentani, yaitu GIA, Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, Wings Air, Batik Air, Trigana Air, Susi Air, dan Alda Air, serta empat penerbangan misionaris yakni AMA, MAF, Tariku, dan Yajasi. "Operasional di Bandara Sentani juga tetap mengedepankan protokol kesehatan terkait COVID-19," kata Surya Eko.

General Manager Garuda Indonesia Jayapura Radhitya Prastanika secara terpisah mengaku maskapainya belum ada rencana penambahan jadwal penerbangan menjelang libur Natal.

"Jadwal penerbangan tetap normal namun kami melakukan optimalisasi 'flight' yang ada. Pesawat yang ada masih cukup untuk melayani libur Natal dan Tahun Baru 2022," kata dia. (Ant/OL-12)

 

BERITA TERKAIT