12 December 2021, 06:18 WIB

BNPP Gandeng Ikal Jatim Papua Gelar Baksos dan Kesehatan di Kampung Mosso


mediaindonesia.com | Nusantara

dok.ist
 dok.ist
BNPP gandeng Ikatan Alumni Jawa Timur (Ikal Jatim) tanah Papua menggelar baksos dan kesehatan di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jay

BADAN Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) gandeng Ikatan Alumni Jawa Timur (Ikal Jatim) tanah Papua menggelar bakti sosial (baksos) dan kesehatan di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, kemarin.

Deputi II BNPP Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw dalam sambutan mengatakan baksos berupa berbagi tali asih dan juga bakti kesehatan berupa pengobatan gratis dan vaksinasi COVID-19 itu guna menyambut perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022 di kawasan perbatasan, tepatnya di Kampung Mosso.

"Perkenalkan, saya Paulus Waterpauw selalu Deputi II di BNPP, yang datang kesini bersama istri, Roma Megawanti Pasaribu serta sejumlah staf," katanya membuka sambutan di pagi jelang siang.

Paulus menerangkan bahwa Ia bukan orang baru di Papua, karena pernah bertugas sebagai Kapolresta Jayapura Kota, Dirkrimum Polda Papua, Waka Polda Papua, Kapolda Papua jilid pertama hingga jilid ke II.

"Saya bukan orang baru karena pernah bertugas di sini dan pernah jadi Kapolresta Jayapura serta Kapolda Papua hingga kedua kali. Saat ini saya dipercayakan membantu Pak Mendagri sebagai Deputi II BNPP. Jadi, kita akan sering bertemu," katanya

Sebelum jadi deputi di BNPP, jenderal bintang tiga itu menjelaskan secara singkat soal sejumlah penugasannya hingga menyudahi massa tugas di tubuh Polri selama 34 tahun lamanya.

"Tanpa cacat dan berjalan lancar, pangkat terakhir saya Komjen Pol. Orang asli Papua pertama yang menyandang gelar bintang tiga di negara ini," ujar dia menyemangati generasi muda yang hadir pada acara tersebut.

Terkait kegiatan, Paulus menjelaskan bahwa bakti sosial dan kesehatan itu untuk mendorong warga di Kampung Mosso agar hidup lebih baik terutama soal kesehatan yang perlu dijaga, apalagi saat ini masa pandemi COVID-19 sehingga perlu dicegah dengan menggunakan masker, cuci tangan serta yang paling penting adalah vaksinasi.

Ia juga mengemukakan bahwa kegiatan ini dilakukan bersama Ikal Jatim Tanah Papua dengan melibatkan tenaga medis di Puskesmas Skouw, Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif 711/Raksatama asal Palu, Sulawesi Tengah yang baru saja hadir untuk melaksanakan tugas selama beberapa bulan di perbatasan.

"Kami juga saat ini memberikan tali asi kepada warga di Mosso, yang dikemas dalam bungkusan dengan isinya di antaranya sembako yakni beras 10 Kg, minyak goreng satu liter, gula pasir, susu kaleng, daun teh, serta kue kaleng untuk dimakan saat Natal nanti," kata Paulus.

Pada momentum itu, Paulus juga mengajak warga di Kampung Mosso untuk ikuti ibadah Natal bersama Ikal Jatim Tanah Papua di tapal batas tak jauh dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw pada Sabtu (11/12) pagi.

"Mari kita bersama ikuti ibadah Natal di PLBN Skouw, nanti ada angkutan yang siapkan untuk antar jemput," ujarnya.

Usai itu, Paulus Waterpauw membagikan tali asih berupa sembako, sementara Ibu Roma Megawanti Pasaribu yang datang bersama rekan kuliahnya dari Universitas Indonesia membagikan bingkisan Natal berupa topi dan bando Natal untuk anak-anak serta juga bingkisan tas dan buku kepada anak usia sekolah.

Sementara, Abner Remi salah satu tokoh pemuda di Kampung Mosso berterimakasih kepada BNPP dan Ikal Jatim Tanah Papua serta pihak lainnya yang telah menggelar kegiatan bakti sosial dan kesehatan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

"Terima kasih untuk Pak Paulus dan Ikal Jatim Tanah Papua serta pihak yang telah mendukung agar terlaksananya acara bakti sosial dan kesehatan di Kampung Mosso," katanya.(Ant/OL-13)

Baca Juga: Simon Tabuni Pasarkan Hasil Pertanian Mama-Mama Papua

BERITA TERKAIT