08 December 2021, 18:50 WIB

Puluhan Pohon Tumbang Timpa Ruas Jalan Nasional, Rumah, dan Mushala


Kristiadi | Nusantara

MI/Kristiadi
 MI/Kristiadi
 

HUJAN deras disertai angin kencang yang telah terjadi di beberapa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menyebabkan puluhan pohon tumbang menimpa rumah, mushola dan Jalan Nasional hingga arus lalu lintas mengalami kemacetan. Kejadian tersebut terjadi, Rabu (8/12) sekitar pukul 17.30 WIB. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Berdasarkan data yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis dan Taruna Siaga Bencana, puluhan pohon tumbang terjadi di Dusun Kujang, Kecamatan Cikoneng, Dusun Baregbeg, Cijeungjing, Cimaragas, Ahmad Yani menimpa jalan nasional. Sedangkan, di Dusun Sulamanah, Kecamatan Sukadana, menimpa rumah dan di Karyamulya, Kecamatan Cisaga menimpa Mushola.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis, Ade Waluya mengatakan, hujan deras disertai angin kencang dan kilatan petir menyebabkan puluhan pohon tumbang ke tengah jalan yang berada di ruas jalan nasional maupun di jalan Kabupaten Ciamis. Namun, dalam kejadian itu arus kendaraan dari dua arah telah mengalami kemacetan panjang dan berbagai upaya telah dilakukan petugas dengan memotong dahan.

"Hujan deras disertai angin kencang terjadi pukul 15.30 WIB dan satu persatu pohon yang berada di pinggir jalan tumbang menimpa jalan hingga petugas gabungan dari BPBD, Tagana, TNI dan Polri berupaya mengevakuasi pohon supaya arus kendaraan bisa berjalan normal. Akan tetapi, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa tapi para pengendara harus selalu hati-hati ketika hujan turun," katanya, Rabu (8/12/2021).

Ia mengatakan, pohon tumbang yang berada di jalan nasional maupun Kabupaten Ciamis semuanya itu sudah dievakuasi petugas agar tidak terjadi kemacetan. Namun, untuk pohon tumbang yang menimpa rumah dan mushola untuk sekarang masih dalam proses evakuasi karena beberapa pohon lainnya ukuran besar dan lainnya telah menimpa kolam warga tapi malam ini semuanya selesai dibersihkan.

"Petugas gabungan malam ini masih bergerak melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang yang menimpa rumah dan mushola. Karena, di setiap jalan semuanya baru selesai dilakukan mengingat kondisinya masih turun hujan tapi para tim telah menyiapkan senso, golok dan gergaji manual termasuk peralatan lain yakni jas hujan, sepatu bot dan helm," ujarnya. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT