06 December 2021, 22:10 WIB

Teten Yakin Ekonomi Digital Indonesia Menjadi yang Terbesar di ASEAN pada 2025


Widjajadi | Nusantara

MI/WIDJAJADI
 MI/WIDJAJADI
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka

 

MENTERI Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan, industri digital pada masa pandemi covid-19, telah melahirkan transformasi UMKM dan mampu mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital di Tanah Air.

"Selama pandemi nilainya sekitar Rp 640 triliun. Tahun 2025 nanti  ekonomi digital Indonesia saya prediksi menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan kapitalisasi mencapai Rp1.700 triliun," ungkap Teten ketika meresmikan Shopee Soko Creative dan Inovation Hub serta Gaming & Community Hub di Solo Tecnopark, Senin sore ( 6/12).

Peresmian Shopee di pusat pembelajaran teknologi milik Pemkot Solo itu dalam suasana hujan deras. Namun tidak menyurutkan Menkop dan UMKM yang didampingi Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dan Kepala Kanwil Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Ema Rachmawati untuk meresmikan Kantor Shopee.

Teten meyakini, keberadaan swasta dalam pengembangan UMKM bisa lebih cepat menumbuhkan industri UMKM. Pendukungnya ialah pertumbuhan demografi Indonesia yang didominasi anak muda, yang sesuai survei 70% di antaranya berminat menjadi wirausahawan.

Pemerintah, tambahnya, ke depan bakal mengembangkan wirausaha muda berbasis kreativitas dan inovasi ekonomi supaya UMKM Indonesia memiliki daya saing yang tinggi di pasar domestik maupun pasar global.

"Jumlah wirausaha muda akan ditambah yang saat ini masih 3,47%, dan pada 2024 ditargetkan 3,95%. Untuk menjadi negara maju, wirausaha muda minimum berjamlah 4% dari seluruh wirausaha yang ada," tambahnya. (N-2)

 

BERITA TERKAIT