06 December 2021, 21:20 WIB

PMI Surakarta Kirim Tim Kemanusiaan ke Semeru


Widjajadi | Nusantara

MI/WIDJAJADI
 MI/WIDJAJADI
Tim kemanusiaan PMI Surakarta sesaat sebelum diberangkatkan ke Lumajang, Jawa Timur.


PALANG Merah Indonesia Surakarta, Jawa Tengah, memberangkatkan 11 relawan kemanusiaan ke wilayah terdampak erupsi Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin ( 6/12 ).

Tim membawa 3 mobil, sejumlah obat obatan, masker, logistik biskuit dan peralatan lain yang dibutuhkan warga terdampak.

"Relawan PMI Surakarta berangkat bersama SAR UNS dan mahasiswa Akbara Surakarta. Mereka akan bergerak di lokasi yang belum ada bantuan kemanusiaan. Kami sudah berkoordinasi dengan PMI Pusat, dan akan bekerja sama dengan PMI daerah lain," kata CEO PMI Surakarta, Sumartono Hadinoto.

Relawan PMI Solo akan berada di wilayah terdampak secara bergelombang. Untuk gelombang pertama yang diberangkatkan Senin (6/12) akan bergotong royong dalam misi kemanusiaan selama lima hari.

"Dari rombongan pertama ini, selain dokter, ada apoteker, paramedis dari RS UNS, serta relawan SAR. Rombongan PMI Solo akan menginventarisasi apa yang dibutuhkan di kawasan kebencanaan, untuk dibawa pada rombongan relawan gelombang kedua," imbuh dia.

Malam sebelumnya, pusat penanggulangan bencana Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah juga memberangkatkan 20 personil relawan Muhammadiyah Disaster Management Center.

Wakil Ketua PDM Karanganyar Suriyanto mengatakan, tujuh relawan MDMC Karanganyar bergabung dengan 13 relawan MDMC Jawa Tengah. "Semalam mereka diberangkatkan dari Kampus UMS Pabelan. Hari ini mereka sudah bergabung dengan MDMC dari berbagai daerah."

Direktur Lazismu PDM Karanganyar Ahmad Zaki Mustofa yang ikut memberangkatkan relawan MDMC  mengatakan pihakya telah mengistruksikan kepada seluruh kantor-kantor layanan LazisMU di Karanganyar  untuk melakukan penggalangan donasi kemanusiaan untuk Semeru.

"Selain misi pengiriman relawan, kami dari LazisMU Karanganyar sudah bergerak mencari donasi untuk segera dikirimkan ke Lumajang guna meringankan beban korban letusan Gunung Semeru," ujarnya. (N-2)

 

BERITA TERKAIT