05 December 2021, 11:17 WIB

Pesona Labengki Bangkitkan Pariwisata Sulawesi Tenggara


Abdul Halim Ahmad | Nusantara

MI/Abdul Halim Ahmad
 MI/Abdul Halim Ahmad
Pulau Labengki sebagai destinasi wisata baru ini ditandai dengan dibukanya Festival Labengki, Jumat 3 Desember 2021 lalu. 

PROVINSI Sulawesi Tenggara memiliki banyak destinasi wisata yang tersebar di beberapa kabupaten. Meskipun memiliki banyak objek wisata, namun baru beberapa destinasi wisata yang dikenal di tingkat nasional dan internasional, di antaranya adalah destinasi wisata Wakatobi.

Pemprov Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Konawe Utara saat ini sedang mengembangkan Pulau Labengki di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, sebagai destinasi wisata yang tidak kalah dengan destinasi wisata Raja Ampat, Papua Barat.

Untuk bisa mencapai pulau Labengki, wisatawan bisa naik kapal melalui Pelabuhan Kota Kendari, Pelabuhan Tanasa Kabupaten Konawe atau Lasolo Kabupaten Konawe Utara.

Upaya pengembangan Pulau Labengki sebagai destinasi wisata baru ini ditandai dengan dibukanya Festival Labengki, Jumat 3 Desember lalu, hasil kerja sama Pemprov Sulawesi Tenggara dengan Pemkab Konawe Utara.

Diadakannya Festival Labengki 2021 bertujuan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi daerah yang diharapkan mempunyai kontribusi besar pada peningkatan ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi saat membuka Festival Labengki mengatakan diadakannya Festival Labengki 2021 untuk meningkatkan ekonomi dan membangkitkan sektor pariwisata dengan melibatkan pelaku usaha yang fokus di bidang pariwisata.

"Festival ini secara tidak langsung bisa meningkatkan perekonomian rakyat maupun ekonomi pemerintah daerah. Seiring akan dibukanya venue wisata bertaraf internasional," kata Ali Mazi.

Komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terus mendorong promosi dengan meningkatkan citra destinasi unggulan yang dimiliki Sulawesi Tenggara. Ali Mazi menambahkan Festival Labengki 2021 diselenggarakan sebagai penanda bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Karena investasi pariwisata dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Dengan adanya festival tersebut, destinasi wisata Labengki mulai dikenal dunia, dan kedepannya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan meningkat.

Apalagi Pemprov Sulawesi Tenggara tetap fokus pada aspek kesehatan dan keselamatan wisatawan dengan tetap menegakkan protokol kesehatan, meski saat ini kasus Covid-19 di Sulawesi Tenggara terus menurun.

Pembukaan Festival Labengki turut dihadiri oleh staf ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktur Produksi Metro TV Agus Mulyadi serta sejumlah pejabat daerah Kabupaten Konawe Utara dan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sejumlah kegiatan selama festival dirangkaikan dengan penanaman 1000-an terumbu karang, eksplorasi pulau dengan mengelilingi gugusan pulau hingga eksibisi layanglayang tradisional.

Juga digelar eksibisi perahu nelayan. Para nelayan menghiasi perahu mereka dan berarak-arak mengeliling pulau Labengki, serta sejumlah atraksi lainnya yang menarik perhatian pengunjung. Tidak ketinggalan penyanyi Cita Citata ikut memeriahkan pembukaan Festival Labengki yang berlangsung 2-4 Desember 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Saifuddin mengatakan Festival Labengki menjadi acara tahunan yang masuk ke dalam kalender promosi wisata Sulawesi Tenggara. (Abdul Halim Ahmad/N-1)

BERITA TERKAIT