03 December 2021, 14:10 WIB

Disabilitas Diberi Kesempatatan Hak yang Sama di PT.Timah


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

 MI/Rendy Ferdiansyah
  MI/Rendy Ferdiansyah
 Pt timah menggelar puncak hari disabilitas dunia bersama YPAC Pangkalpinang, Jumat (3/12)

PT Timah Tbk terus berkomitmen memberikan kesetaraan hak-hak bagi penyandang disabilitas. Baik melalui perhatian maupun memberikan kesempatan bekerja.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan melalui momentum Peringatan Hari Disabilitas. PT Timah menjadi perusahaan inklusi yang memandang setara penyandang disabilitas.

Anggi mengaku, PT Timah Tbk terus berupaya menjadi perusahaan yang ramah disabilitas, hal ini ditunjukkan dengan beberapa infrastruktur kantor yang mendukung disabilitas seperti jalur khusus untuk disabilitas.

"Perusahaan barkomitmen untuk menjadi perusahaan yang ramah disabilitas, pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas adalah hak asasi manusia yang
harus menjadi perhatian bersama. Dimana dalam melaksanakan aktivitas penambangan PT Timah Tbk sangat menghargai hak asasi manusia yang sejalan dengan Suistanable Development Goals (SDGs)," kata Anggi, disela-sela menggelar acara puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Gedung YPAC, Jum'at (3/12).

Tak hanya itu, PT Timah Tbk juga memberikan kesempatan bagi para disabilitas untuk bekerja dan berkarir di perusahaan. Saat ini, ada belasan Disabilitas yang bergabung di PT Timah Tbk maupun di anak Perusahaan.

"Kami memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk bekerja di PT Timah Tbk, dibalik setiap keterbatasan pasti ada kelebihan. Saat ini, ada belasan karyawan kami yang merupakan penyandang disabilitas, mereka bisa bekerja, memiliki kesempatan karir yang sama dengan karyawan pada umumnya," ujar Anggi.

Kedepan, kata dia, PT Timah Tbk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk mewujudkan lingkungan inklusi yang ramah bagi
para disabilitas.

Ia membeberkan, salah satu penyandang disabilitas yang mendapatkan kesempatan bekerja yakni Rommel Hutabarat. Seorang penyandang disabilitas yang divonis kanker tulang beberapa tahun silam sehinga kehilangan sebagian tulang paha kirinya.

Ia menambahkan, dalam momentum peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021, PT Timah Tbk mewujdukan mimpi Inggrid Galu Rosinta untuk memiliki sepatu olahraga.

Inggrid merupakan salah satu atlet lari dan lompat jauh yang telah beberapa kali mengikuti pertandingan nasional di berbagai Provinsi. Tak tanggung-tanggung dirinya pernah meraih prestasi menjadi juara harapan tiga dalam ajang 02SN tingkat nasional di Jakarta.

Remaja Kelahiran Pangkalpinang 24 Juni 2002 ini telah bertanding di Tingkat Nasional dalam beberapa event seperti di Jakarta, Medan, Makasar dan Riau untuk mewakili Babel. Meski tak semuanya berhasil memboyong medali, Inggrid telah menunjukkan keberaniannya.

Selain sebagai atlet, Inggrid mahir menggunakan bahasa isyarat. Siapa sangka, Inggrid adalah penyandang tuna grahita.(OL-13)

Baca Juga: Mensos: Saya Yakin Kelompok Difabel Bisa Maksimalkan Kemampuannya

 

BERITA TERKAIT