03 December 2021, 07:05 WIB

TNI Dukung Layanan Tes HIV dan Vaksinasi COVID-19 di Paniai


Muhamad Fauzi | Nusantara

dok.ant
 dok.ant
Ilustrasi

PERSONEL TNI dari Komando Rayon Militer 1703-01/Enarotali mendukung penyelenggaraan pelayanan pemeriksaan HIV dan vaksinasi COVID-19 di wilayah Kabupaten Paniai, Provinsi Papua.

"Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak dan menjemput masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dan pemeriksaan HIV/AIDS," kata Komandan Rayon Militer 1703-01/Enarotali Mayor Inf Abraham Taihutu sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima dari bagian Penerangan Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih di Jayapura, Jumat (3/12).

Ia mengatakan, anggota Komando Rayon Militer 1703-01/Enarotali menjemput warga kampung yang belum menjalani vaksinasi COVID-19 dan pemeriksaan HIV menggunakan mobil dan mengantar mereka ke tempat pelayanan vaksinasi COVID-19 serta pemeriksaan HIV.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat (peningkatan) capaian vaksinasi," katanya.

Dokter dari Dinas Kesehatan Paniai Venty mengatakan bahwa pembatasan kegiatan semasa pandemi COVID-19 telah menyebabkan pelaksanaan pemeriksaan HIV serta program-program pencegahan penularan HIV/AIDS terhambat.

Oleh karena itu, dia mengatakan, pemerintah daerah menyelaraskan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan pencegahan penularan HIV/AIDS dengan upaya penanggulangan COVID-19 agar keduanya bisa berjalan seiring.

Menurut dia, berdasarkan data yang dihimpun dari RSUD Kabupaten Paniai dan puskesmas-puskesmas sejak 2013 ada sekitar 1.400 kasus HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Paniai.

"Perlu upaya yang lebih serius dan sosialisasi untuk bisa mencegah kenaikan kasus HIV/AIDS di tengah pandemi," kata Venty. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Kota Semarang Izinkan Tempat Hiburan dan Wisata Buka Saat Nataru

BERITA TERKAIT