17 November 2021, 14:02 WIB

Kerugian Belasan Kapal Terbakar di Tegal Capai Rp51 Miliar


Supardji Rasban | Nusantara

MI/Supardji Rasban.
 MI/Supardji Rasban.
Kapolres Tegal Kota Ajun Komisaris Besar Rahmad Hidayat (kaos hitam) menyaksikan kobaran api kapal yang terbakar.

KERUGIAN akibat terbakarnya belasan unit kapal di Kota Tegal, Jawa Tengah, ditaksir mencapai Rp51 miliar. Jumlah tersebut dengan perhitungan setiap kapal rata-rata di atas 30 GT dengan harga Rp3 miliar.

Hal itu diungkapkan salah seorang pemilik kapal yang ikut terbakar, Riswanto. Ia meminta kejadian tersebut menjadi evaluasi bersama antara pemilik kapal dan unsur maritim terkait. "Jangan sampai kejadian terbakarnya kapal terulang kembali," ujarnya.

Kapolres Ajun Komisaris Besar Rahmad Hidayat yang meninjau lokasi terbakarnya kapal menyampaikan, pihaknya masih terus menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan sekurangnya 15 kapal tersebut. "Dalam penyelidikan selanjutnya kami akan melibatkan Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Jawa Tengah," ucap Rahmad.

Pihaknya sedang dalam proses meminta keterangan para saksi serta mengumpulkan barang bukti untuk mengetahui persisnya insiden kebakaran kapal yang merugikan puluhan miliar rupiah tersebut. "Masih kami selidiki penyebab persis terjadinya kebakaran kapal-kapal itu," ucapnya.

Seperti diketahui, kebakaran terjadi di kawasan galangan kapal di Kota Tegal Jawa Tengah, Rabu (17/11) pagi. Akibatnya belasan kapal ludes terbakar. Upaya pemadaman mengalami kesulitan karena lokasi kapal yang saling berimpitan.
Lokasi kebakaran kapal tersebut berada di galangan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama Kota Tegal, masih dekat dengan objek wisata (OW) Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. Sekurangnya ada 15 kapal ikan berukuran di atas 30 gross ton yang ludes dilalap si jago merah. 

Baca juga: Belasan Kapal di Kota Tegal Ludes Terbakar

Hingga Rabu siang, api yang melalap belasan kapal tersebut sudah mulai padam. Kebakaran yang menghanguskan belasan kapal itu pertama diketahui oleh warga pada Rabu dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Sebelumnya petugas kesulitan melakukan upaya pemadaman karena akses jalan menuju lokasi kebakaran sempit dan setiap kapal masih menyimpan BBM. (OL-14)

BERITA TERKAIT