16 November 2021, 20:11 WIB

Kota Tegal Target Zero Stunting Melalui Program Gerimis Matik


Supardji Rasban | Nusantara

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Roro Kusnabilla Erfa (tengah) menyalami balita dalam kegiatan Gerimis Matik. 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Tegal, Jawa Tengah, memiliki program Gerakan Intensif Minum Susu dan Makan Telur Itik (Gerimis Matik) untuk pengurangan kasus stunting. Untuk mencapainya dibutuhkan dukungan semua lapisan masyarakat.

Angka stunting Kota Tegal pada 2019 7.03%, 2020 6,49%, dan per Januari 2021 4,76 %. Sedangkan angka stunting nasional 2019 adalah 27,7%. Dengan demikian terjadi penurunan angka stunting Kota Tegal setiap tahunnya dan jauh lebih rendah ketimbang angka stunting nasional.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal Roro Kusnabilla Erfa, saat gelar Gerimis Matik di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Kota Tegal, Selasa (16/11)

"Gerakan intensif minum susu dan makan telur itik adalah salah satu upaya untuk mendukung tercapainya zero stunting di Kota Tegal," ujar Roro.

Ia ingin angka stunting di Kota Tegal bisa mencapai zero stunting. Gerimis Matik sebagai kegiatan kampanye yang dapat memberikan edukasi pada masyarakat Kota Tegal tentang pentingnya mengkonsumsi susu dan telur itik.

"Kegiatan gerakan minum susu dan makan telur itik ini berpola pada pemberian 1 (satu) paket produk berisi susu dan telur itik yang akan diberikan secara langsung sebanyak 2 (dua) kali pemberian kepada 300 anak, serta sosialisasi seputar pemenuhan konsumsi sumber zat gizi berasal dari hewani," terang Roro.

Roro berharap masyarakat Kota Tegal sadar akan pentingnya mengkonsumsi protein hewani (susu dan telur itik) sebagai faktor penting dalam pemenuhan gizi tumbuh kembang anak sebagai generasi generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

"Di masa pandemi Covid-19 ini selain vaksinasi yang wajib dilaksanakan, tubuh juga memerlukan asupan makanan yang bergizi agar daya tahan meningkat sehingga terhindar dari serangan virus Covid-19," ucapnya.

Ia menuturkan ikan dan susu mengandung kalsium, protein, lemak serta vitamin B1 dan C, sedangkan telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. "Susu dan telur mengandung asam amino esensial yang lengkap yang dibutuhkan tubuh," pungkas Roro.

Plt. Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian Dan Pangan (Dislatan) Kota Tegal Sirat Mardanus, menyebut dalam pelaksanaan program Gerimis Matik selalu bersinergi dengan OPD.

"Kegiatan Gerimis Matik ini sebenarnya kegiatan rutin yang dilksanakan oleh DKP3, kalau cara sebelum-sebelumnya dikemas secara umum dalam bentuksosialisasi maka untuk tahun ini kita sudah berkomitmen beberapa OPD termasuk DKP3 untuk menurunkan angka stunting di Kota Tegal sampai zero, sehingga semua kegiatan yang bersinergi dengan penurunan stunting diarahkan agar data-data penerima juga bisa dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan," terang Sirat.

Sirat menambahkan, program Gerimis Matik 2021 ada 5 Kelurahan yang menjadi sasaran. "Yakni kelurahan Panggung, Mintaragen, Kraton,  Muarareja dan Kelurahan Tegalsari," jelasnya. (OL-16)

BERITA TERKAIT