16 November 2021, 10:33 WIB

Presiden Resmikan Tol Serang-Panimbang


Andhika Prasetyo | Nusantara

Youtube Sekretariat Presiden
 Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Serang-Panimbang

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11).

"Alhamdulillah, pagi ini, Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap dioperasikan," ujar Jokowi.

Kepala negara mengungkapkan jalan bebas hambatan itu akan membuat pertumbuhan ekonomi di Banten, terutama Serang, Lebak, dan Pandeglang menjadi semakin terangkat.

"Kemudahan konektivitas ini merupakan faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Saya yakin ini akan jadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di Banten terutama di sekitar Lebak dan Pandeglang," tuturnya.

Baca juga: Wapres Kunjungi Aceh dan Sumut Bahas Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Ia juga mengatakan keberadaan infrastruktur akan mendorong peradaban di berbagai daerah di Tanah Air semakin maju. Itu akan membuat Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain di level global.

"Kalau negara lain punya jalan tol, sementara kita cuma punya jalan kampung, artinya negara kita tertinggal. Infrastruktur akan menjadi fondasi kita untuk bersaing dengan negara lain," tegas mantan wali kota Solo itu.

Secara total, jalan Tol Serang-Panimbang memiliki tiga seksi. Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung atau yang sudah siap beroperasi memiliki panjang 36,5 kilometer.

Adapun, dua seksi lainnya yakni Rangkasbitung-Cileles dan Cileles-Panimbang dengan total 57 kilometer masih dalam proses pembangunan dan diproyeksikan akan rampung pada akhir 2023 mendatang. (OL-1)

BERITA TERKAIT