11 November 2021, 12:26 WIB

Harga Telur di Aceh Tembus Rp50 Ribu per Papan


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

Antara/Moch Asim
 Antara/Moch Asim
Ilustrasi

HARGA telur ayam ras di kawasan Provinsi Aceh sejak sekitar sepekan terakhir naik tajam.

Amatan Media Indonesia kenaikan harga itu terjadi di berbagai kabupaten/kota se-Aceh dan Banda Aceh Ibu Kota Provinsi Aceh. Di Kabupaten Pidie misalnya harga telur ayam ras kualitas super (ukuran jumbo) yang sebelumnya Rp45 ribu per papan (30 buah), sekarang tembus menjadi Rp50 ribu per papan.

Lalu telur ayam ras kwalitas standard (uluran sedang) dari harga dua pekan lalu Rp35 ribu per kg, kini naik menjadi Rp45 ribu per kg. Bahkan ada pedagang telur yang menjual sampai Rp46 ribu.

Lebih parah lagi di kawasan pedalaman dan kepulauan terpencil, harganya lebih mahal lagi. Bahkan selisih berkisar Rp2 ribu hingga Rp3 ribu untuk satu papan telur ayam. Misalnya telur ukuran sedang yang dijual di tingkat pedagang grosir Rp45 ribu per papan, tapi di kawasan pedalaman terpencil bisa mencapai sekitar Rp47 ribu hingga Rp48 ribu per papan.

Faisal, 50, pedagang grosir telur ayam di Kota Sigli, Ibu Kota Kabupaten Pidie, Rabu (10/11) mengatakan pemintaan telUr ayam ras sekarang tergolong tinggi dibandingkan bulan lalu. Itu sebabnya perputaran barang cukup cepat.

Kemudian di Aceh sekarang hingga tiga bulan ke depan musim kenduri maulid Nabi Muhammad SAW. Namun Faisal yakin, melambungnya harga telur sekarang bukan karena sedang musim maulid di Aceh, tapi ada faktor lain yang dapat memicu kenaikan harga hingga ke pasar tingkat nasional. "Mungkin ada faktor lain yang bisa memicu harga pasar nasional. Memang sekarang permintaan ke produsen telur juga meningkat dari sebelumnya. Kalau dulu lebih sering mereka menawar ke kita, tapi sekarang sebaliknya" tutur Faisal. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT