04 November 2021, 11:20 WIB

Sisa DBH Dana Reboisasi Kalteng 2021 Rp1,16 Triliun Tertinggi se Indonesia


Surya Sriyanti | Nusantara

dok.mi
 dok.mi
Ilustrasi

SISA Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH-DR) di Provinsi Kalteng tahun 2021 mencapai Rp 1,16 triliun. Kondisi menjadikan Kalteng menduduki peringkat 1 sisa DBH-DR di tahun 2021.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kehutanan Kalteng Sri Suwanto saat Rapat Koordinasi Penggunaan DBH-DR Rehabilitasi Lahan di Provinsi  Kalteng Tahun 2021, Rabu (3/11).

Kondisi ini kata dia selain menjadi potensi yang cukup menggembirakan tetapi juga menjadi tantangan di Dinas Kehutanan. Karena setiap ada evaluasi keproyekan Dinas Kehutanan selalu nomor terakhir, selalu berada di peringkat yang paling bawah realisasinya.

"Karena setiap kita evaluasi menjadi faktor pembagi. Kita tahun ini hampir Rp 160 miliar pengambilan DBH DR tidak habis sehingga itu terus menjadi faktor pembagi sehingga prosentasenya kecil," ucap Sri Suwanto seperti dikutip dalam keterangan tertulis Dikominfosantik Kalteng, Kamis (4/11).

Untuk itu dia berharap adanya  Peraturan Menteri Keuangan atau PMK yang turunan dari Undang-Undang APBN 2022 bisa diterbitkan sebelum pengesahan APBD pada bulan desember 2021 yang disertai dengan maping nomenklatur kegiatan SIPD.

Sri Suwanto juga mendorong para peserta Rapat Koordinasi Penggunaan DBH-DR Rehabilitasi Lahan Provinsi Kalteng agar menyusun anggaran penggunaan DBH-DR tahun 2022 sesuai kebutuhan.

"Patut diingat Kalteng adalah Provinsi yang masih dikriteriakan rawan karhutla. Tetap waspadai bahaya karhutla tahun 2022. Semoga pada kesempatan rakor betul-betul nanti  ada manfaat dan ada pencerahan sehingga betul-betul dan menjadi semangat baru Tahun 2022 dan tentu anggaran sesuai dengan yang kita inginkan," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Anak-anak di Sumsel Diperbolehkan Lagi Naik Kereta Api

 

BERITA TERKAIT