02 November 2021, 15:35 WIB

Atasi Masalah Sampah, Desa di Kota Denpasar Gencar Bangun TPS3R


Ruta Suryana | Nusantara

MI/Ruta Suryana
 MI/Ruta Suryana
Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa melakukan peletakan batu pertama pembangunan TPS3R di Desa Sidakarya, Denpasar Selatan.

DESA dan Kelurahan di Kota Denpasar belakangan semakin gencar membangun TPS3R (Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle). Hal ini guna mengatasi masalah sampah dengan konsep berbasis sumber.

Seperti yang dirintis Desa Sidakarya, Denpasar Selatan, yang kini memulai pembangunan TPS3R yang diawali dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Wali kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa, Selasa (2/11).

Perbekel (Kepala Desa) Sidakarya I Wayan Madrayasa mengatakan pembangunan TPS3R yang baru dimulainya itu dibangun di atas lahan seluas 1.000 M2, yang ditargetkan nantinya mampu mengelola 7 hingga 8 ton sampah yang diproduksi oleh sekitar 3.000 KK warganya.

"Dengan adanya TPS3R ini diharapkan mampu memecahkan permasalahan masalah sampah di Kota Denpasar khususnya Desa Sidakarya, mengingat  kondisi TPA Suwung saat ini sudah semakin penuh," ujar Wayan Madrayasa.

Wakil Wali kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi aparat dan masyarakat Desa Sidakarya karena besama-sama berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Denpasar.

"Dengan adanya komitmen dari aparat dan masyarakat Desa Sidakarya pembangunan TPS3R ini akan berjalan lancar. Ke depan dengan pengolahan sampah metode 3R yakni Reduce Reuse Recycle selain bermanfaat bagi lingkungan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga berpotensi terbukanya lapangan pekerjaan yang baru," ujar Arya Wibawa di sela peletakan batu pertama pembangunan TPS3R itu. (RS/OL-10)

BERITA TERKAIT