01 November 2021, 17:31 WIB

Ribuan Siswa SD Di Kota Kupang Jalani Swab Test


Palce Amalo | Nusantara

MI/Palce Amalo
 MI/Palce Amalo
Seorang siswa SD di Kota Kupang, NTT menjalani swab test, Senin (1/11). 

SEBANYAK 1.167 siswa dari 50 sekolah dasar (SD) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur menjalani swab sebagai syarat dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM) bulan ini. Tes swab massal tersebut dilakukan Laboratorium Biokesmas Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang dengan hasil negatif covid-19.

Pada Senin (1/11) swab massal digelar di SD Negeri Fontein 1, Kelurahan  Fontein Kota Kupang dilakukan secara acak untuk siswa kelas 1, 2 dan 6. "Kami sudah melakukan swab secara acak untuk 1.167 siswa di 50 sekolah, hasilnya negatif covid-19," kata Yohani Selan, Laboran dari Laboratorium Biokesmas.

Menurutnya, surveilans di sekolah bertujuan untuk memberikan edukasi kepada guru dan siswa mengatur strategi untuk mencegah dan terhindar dari covid-19. Kegiatan ini akan digelar secara berkala untuk memastikan sekolah aman selama kegiatan PTM.

Yahani mengatakan hasil tes PCR tersebut akan dijadikan sebagai bahan oleh dinas pendidikan untuk menentukan berapa persen siswa yang akan mengikuti pembelajaran online dan offline. Menurutnya, masih 61 SD yang akan dilakukan test PCR dalam beberapa hari ke depan. "Sampai saat ini hasil PCR negatif tetapi kita tidak tahu ke depannya seperti apa," katanya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Kupang melaporkan tidak ada tambahan kasus baru covid-19 pada Minggu (31/10), sebaliknya pasien sembuh bertambah sebanyak tiga orang. Total kasus aktif covid-19 di Kota Kpang sebanyak 55 orang dengan jumlah terbanyak di Kelurahan Oepura 10 orang dan Kelapa Lima 8 orang. (OL-15)

BERITA TERKAIT