27 October 2021, 23:00 WIB

Purwakarta Kejar Target, Integrasikan Vaksinasi dengan Posbindu


Reza Sunarya | Nusantara

 ANTARA/M Ibnu Chazar
  ANTARA/M Ibnu Chazar
Vaksinasi massal di Purwakarta, Jawa Barat

UNTUK meningkatkan cakupan vaksinasi manusia usia lanjut (manula), Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengintegrasikan vaksinasi dengan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu).

Kebijakan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika itu diterapkan di 4 Posbindu, yakni di Desa Ciwareng dan Mulya Mekar, Kecamatan Babakan Cikao, serta Desa Campakasari dan Benteng di Kecamatan Campaka.

"Selama ini, Posbindu terintegrasi dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian. Saat ini, Posbindu juga mengakomodasi kebutuhan para manula, khususnya di bidang kesehatan," ungkap Bupati Anne, Rabu (27/10).

Manula, lanjutnya, harus menjalani program vaksinasi yang sedikit berbeda. Karena itu, penting untuk menggulirkan edukasi kepada manula, terutama terkait masalah keamanan dan kehalalan vaksin.

Menurut perempuan yang akrab disapa Ambu Anne, ini, para manula harus diyakinkan sehingga mereka tidak perlu merasa takut, karena vaksin akan memberikan kekebalan tubuh, sehingga mereka tidak mudah tertular covid-19. "Kalau pun terpapar, mereka tidak akan mengalami gejala berat, bahkan menimbulkan kematian."

Bupati mengajak semua pihak bersama-sama mengedukasi para manula agar
bersedia divaksinasi. "Target vaksinasi, seharusnya bulan ini sudah mencapai 40% untuk manula. Sementara total vaksinasi dosis 1 harus sudah 70%. Tapi, Purwakarta masih kurang banyak, sehingga harus mengejar ketertinggalan.'

Karena itu, pihaknya melakukan percepatan. Salah satu upayanya ialah mengintegrasikan vaksinasi dengan program Posbindu. (N-2)

BERITA TERKAIT