27 October 2021, 18:43 WIB

Bencana Hidrometeorologi Ancam Sejumlah Daerah Di Jateng Selatan


Liliek Dharmawan | Nusantara

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

STASIUN Meterologi BMKG Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengingatkan sejumlah daerah untuk mewaspadai bencana. Pasalnya, mulai dalam dua hari mendatang, terdapat potensi hujan deras khususnya di Cilacap, Banyumas dan Purbalingga.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa ada potensi hujan lebat di sejumlah wilayah yakni Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga. "Kami mengimbau kepada pemkab-pemkab dan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan bencana," jelas Rendi, Rabu (27/10).

Menurut Rendi, dampak hujan deras yang berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor maupun angin kencang. Di Cilacap, ada beberapa kecamatan yang perlu waspada yakni Dayeuhluhur, Wanareja, Gandrungmangu, Bantarsari, Karangpucung, Cimanggu, Cipari. Sedangkan di Purbalingga ada dua kecamatan yakni Karangreja dan Bojongsari.

Sedangkan di Banyumas, cukup banyak kecamatan yang rawan terjadi hujan lebat. Yakni Rawalo, Kebasen, Kembaran, Purwokerto Selatan, Sokaraja, Patikraja, Kalibagor, Banyumas dan Karanglewas. "Kecamatan lainnya adalah Cilongok, Purwokerto Barat, Kedung Banteng, Purwokerto Utara, Baturraden, Purwokerto Timur, Sumbang, Ajibarang, Pekuncen, Gumelar,
Purwojati, Wangon dan Lumbir," katanya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Wijonardi mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan personel dan peralatan untuk mengantisipasi kemungkinan bencana pada musim penghujan seperti sekarang. "Kami telah siap untuk melakukan antisipasi. Daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor sudah  dipetakan dan diminta siap siaga," jelasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT