25 October 2021, 13:44 WIB

Program Desa Wisata Menteri Sandiaga Wujudkan Harapan Warga Desa


mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

PROGRAM Desa Wisata bertujuan memajukan perekonomian perdesaan dan membangkit pendapatan masyarakat. Melalui Program Desa Wisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berusaha memberi perhatian desa untuk kesejahteraan masyakat desa.

Terkait Program Desa Wisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan pihaknya mendukung dan memanfaatkan segala potensi yang ada di desa.

"Dengan adanya Program Desa Wisata, maka kebangkitan suatu desa dan masyarakat bisa lebih cepat dan lebih baik. Seperti yang ada di Desa Wisata Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Di sini kita bisa lihat, ekonomi masyarakat berkembang dengan baik dengan desa wisata," kata Sandiaga dalam keterangan pers, Senin (25/10). 

Menurut Sandiaga, potensi wisata selain merawat yang ada tapi bisa juga dibentuk sehingga akan muncul suatu potensi wisata di satu desa.

"Kan banyak juga yang sudah ada potensi wisatanya, masyarakat kemudian bisa meningkatkan potensinya dengan membangun atau mengembangkan lokasi wisata tersebut," jelas Menparekraf. 

Potensi yang ada bisa dimanfaatkan seperti mambuat suvenir suatu desa. Ada juga membuka tempat istirahat atau home stay maupun warung makan sehingga para wisatawan yang berkunjung bisa puas menikmati potensi wisata di lokasi tersebut. 

"Di Desa Wisata Selasari ini, yang diangkat sport tourism karena memiliki potensi keindahan gua sehingga wisatawan bisa mencoba rafting atau tubing menyusuri sungai Santira, ucap Sandiaga yang akrab disapa Mas Menteri.

Wisata budaya, kearifan lokal, dan toleransi beragama sangat kuat di Pangandaran, Sukabumi. Dengan kondisi itu, Menparekraf juga mendorong penguatan desa-desa wisata sebagai salah satu kekuatan pariwisata nasional. Dengan pengelolaan desa wisata yang baik akan dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Salah satunya melalui penguatan atraksi berbasis narasi (storynomic tourism) sehingga dapat menimbulkan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung,” tukasnya.

Sementara Kepala Desa Selasari,  Udin Tugaswara menuturkan, Program Desa Wisata yang dicanangkan Menteri Sandiaga membuat banyak desa yang sebelumnya tertinggal menjadi berkembang dengan baik dan bagus.

Banyak kepala desa yang terharu dengan program tersebut pasalnya penduduk desa yang sebelumnya hanya bisa bertani atau berkebun dengan adanya desa wsiata maka ada pekerjain lain yang bisa di kerjakan.

"Ini juga menciptakan lapangan kerja, kita sekarang berharap ke anak-anak muda untuk bisa ikut kembangkan desanya," tutur Sandiaga.(RO/OL-09)

BERITA TERKAIT