24 October 2021, 13:56 WIB

Dorong Home Stay Nyaman, Sandiaga Serahkan 42 Set Sprei untuk Pariwisata Berkelanjutan


mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

PENINGKATAN satu tempat wisata adalah dengan pelayanan yang terbaik, begitu juga dengan lokasi penginapan yang  harus bersih dan nyaman.

Bila penginapan telah nyaman, para wisatawan akan berdatangan.  Bila sudah rutin ada kedatangan wisatawan, perekonomian juga ikut bangkit.

Untuk mendukung sektor pariwisata dengan penginapan yang nyaman, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan 42 set sprei, sarung bantal, dan handuk untuk perlengkapan home stay di Desa Wisata Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. 

“Saya sengaja memberikan warna putih, karena memang biar terlihat bersih dan juga nyaman. Sehingga wisawatan yang datang bisa merasakan kenyamanan,” kata Mas Menteri, sapaan Menparekraf. 

Sandiaga menjelaskan, sebelum kedatangannya sebenarnya dirinya sudah melakukan penelusuran oleh tim khusus sehingga apa yang diberikan yaitu seperangkat alat tidur adalah satu hal yang tepat dan dibutuhkan.

Menparekraf menuturkan, di Desa Wisata Nusa, terdapat 42 home stay yang ada di desa wisata tersebut. Lokasi wisata yang berada di Aceh Besar ini merupakan satu di antara gampong di Aceh yang terus bergerak mengembangkan Desa wisata berbasis masyarakat.

Potensi lokal yang dimiliki terus diramu menjadi berbagai atraksi wisata dengan tujuan utama adalah meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Yang menarik ke-42 homestay adalah rumah panggung kayu tradisional dengan balutan warna-warni dari swadaya warga desa Nusa.

Sandiaga mengungkapkan alasan hadiah yang diberikan kepada Desa Wisata Nusa, salah satu alasannya adalah karena pengelola desa wisata Nusa yaitu Rubama merupakan pejuang wanita untuk desa wisata Nusa sejak tahun 2010.

Dari informasi yang diterima Mas Menteri, Rubama sudah selama 11 tahun berjuang mengembangkan desa wisata Nusa dari nol hingga menjadi seperti sekarang ini.

“Karena perjuangannya kini desanya perlahan menjadi salah satu desa wisata yang diminati para wisatawan domestik termasuk pula para wisatawan dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Jerman,” tegas Sandi. 

Mas Menteri juga mengungkapkan, Desa Wisata Nusa juga merupakan desa wisata pertama yang melakukan edukasi kebencanaan. Dengan adanya ini, maka dipastikan pengembangan Desa Nusa merupakan semangat baru untuk desa wisata berkembang.

"Saya pastikan bantuan yang diberikan itu konkrit dan sesuai kebutuhan," tegaanya di tengah guyuran hujan dan angin.

Rubama mengungkapkan rasa senangnya kepada Sandiaga dengan berkaca-kaca. Dia mengucapkan terimakasih kepada Mas Menteri.

“Saya terharu dan senang dengan apa yang diberikan oleh Mas Menteri, Ini membantu home stay kami menjadi lebih rapi dan bersih,” tukasnya.(RO/OL-09)

BERITA TERKAIT