21 October 2021, 20:08 WIB

Kejar Target PPKM Level 1, Pemkot Cirebon Terus Lakukan Percepatan Vaksinasi


Nurul Hidayah | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon, Jawa Barat hampir mencapai 90  persen. Percepatan vaksinasi dilakukan agar Kota Cirebon bisa berada di level 1.

Berdasarkan data yang dihimpun dari covid19.cirebonkota.go.id, total vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kota Cirebon sudah mencapai 229.746 sasaran atau sebanyak 87,62 persen. Sedangkan untuk vaksinasi tahap dua sudah mencapai 145.698 sasaran atau setara dengan 55,57 persen. Sasaran vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon mencapai 262.198 warga yang meliputi tenaga kesehatan, petugas layanan publik, lansia, masyarakat umum dan remaja.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menjelaskan Pemerintah Kota (Pemkot)  Cirebon menargetkan masuk dalam penerapan PPKM level satu sehingga bisa menerapkan new normal sesuai panduan pemerintah. "Untuk itu kita terus melakukan percepatan vaksinasi, termasuk untuk lansia, hingga mencapai target maksimal," tutur Azis, Kamis (21/10).

Azis mengaku optimis akhir 2021 ini Kota Cirebon bisa menerapkan PPKM level 1. Namun ia juga kembali mengingatkan kepada masyarakat  untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) sekalipun sudah divaksin. "Tetap disiplin (prokes) dan kemauan masyarakat untuk divaksin. Itu kuncinya," tegas Azis.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menjelaskan Pemkot Cirebon akan menerapkan aplikasi pedulilindungi seluruh kantor pemerintahan. Aplikasi tersebut merupakan alat ukur dalam proses pengendalian Covid-19 yang diterapkan pemerintah pusat.

"Kami juga sudah meminta kepada pengelola bisnis, termasuk mal  dan pusat perbelanjaan untuk menerapkan aplikasi ini sebelum masuk ke mal," tutur Agus. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT