21 October 2021, 19:43 WIB

Ekowisata Gunung Mas Puncak Momentum Kebangkitan Pariwisata


mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Jumpa pers pembukaan ekowisata Gunung Mas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

EKOWISATA Gunung Mas merupakan destinasi sejuk yang di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kini, di tengah menurunnya kasus harian Covid-19, Ekowisata Gunung Mas mulai kembali bergeliat. Menggeliatnya Ekowisata Gunung Mas menjadi momentum kebangkitan pariwisata usai pandemi.

Manager Agrowisata Gunung Mas, Hikmat Eka Karyadi, menegaskan, destinasi wisata yang dikelolanya mendukung penuh upaya pemerintah memberlakukan PPKM darurat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang merebak di Indonesia.

"Tentu kami mendukung penuh pemberlakuan PPKM darurat. Itu semua demi kepentingan dan keselamatan kita bersama. Saya mengimbau kepada semua pihak untuk menaati aturan pemerintah dan disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Eka, Kamis (21/10). 

Agrowisata Gunung Mas, lanjut Eka, juga semakin memperketat protokol kesehatan bagi wisatawan yang menginap.

Ia berharap pandemi segera berlalu dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali. Dengan begitu, kondisi perekonomian nasional pun dapat segera pulih. Untuk itu, satu-satunya upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 adalah dengan memperketat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kita berharap pandemi covid-19 dapat segera berlalu, sehingga aktivitas bisa kembali berlangsung normal. Mari kita disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah," ajak Eka.

Ia menegaskan jika objek wisatanya telah menerapkan protokol kesehatan berbasis cleanliness, healthy, safety, and environmental (CHSE).

Sebagaimana diberitakan, Agrowisata Gunung Mas merupakan salah satu tempat piknik yang berada di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata yang dikelola PT Perkebunan Nusantara VIII ini memiliki perkebunan teh terluas di kawasan Puncak.

Objek wisata yang mengusung tagline refreshing and sport ini juga menawarkan beberapa paket wisata menarik yang patut dicoba. Misalnya, tea time dan pisang goreng, tea walktea walk, berkuda, offroad dan ATV, renang, kemah atau bermalam di pondokan, gantole, serta oleh-oleh madu dan teh.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengandalkan ekowisata untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif di kawasan Puncak.

Menurut Sandiaga, ekowisata atau wisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal, serta aspek pembelajaran dan pendidikan itu sangat berpotensi saat ini.

Terlebih kawasan Puncak memiliki sejumlah tempat ekowisata. Seperti Agrowisata Gunung Mas yang dikelola PTPN VIII ini.

“Wisata berbasis alam terbuka dan budaya. Seperti Eiger adventure land juga di PTPN VIII ini potensinya ada,” katanya saat kunjungannya ke Agrowisata Gunung Mas, Minggu (17/10) malam. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT