18 October 2021, 12:50 WIB

Mesin ATM di Dalam Indomaret Dibobol Pencuri di Tasikmalaya


Adi Kristiadi | Nusantara

MI/Adi Kristiadi
 MI/Adi Kristiadi
ATM di dalam minimarket ndomart dibobol pencuri menggunakan las, Senin (18/10)

KAWANAN  pencuri sukses membobol anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Central Asia (BCA) yang berada di dalam minimarket Indomart, di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (18/10) dinihari.

Dari pantauan di lokasi, minimarket yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Sambongjaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya ini sudah dipasangi garis polisi. Sejumlah anggota Polres Tasikmalaya Kota masih melakukan olah tempat kejadian (TKP) . Para pegawai tak boleh melakukan aktivitas terlebih dahulu sebelum selesainya penyelidikan.

Saksi mata yang juga pegawai minimarket, Deris Febriansyah, 29,  mengatakan, kejadian itu terjadi ketika dirinya masuk ke pintu utama dan tidak curiga apapun, karena tidak ada kerusakan di pintun utama. Namun, setelah masuk melihat uang Rp 50 ribu berserakan di lantai dia kaget. Spontan dia langsung melihat plafon dan benar plafonnya mengalami kerusakan.

"Setelah masuk pintu utama toko biasa saja dan tidak ada yang mengalami kerusakan. Saya kaget melihat uang berserakan di lantai Rp 50 ribu. Ada sebuah linggis, tabung oksigen dan tabung gas 3 kilogram. Saya langsung melihat kamera CCTV ada dua orang pelaku telah merusak ATM BCA yang berada di dalam dengan cara mengelas," katanya, Senin (18/10).

Ia mengatakan, dirinya kaget dan langsung melaporkan kejadian itu kepada kepala toko atas musibah yang terjadi. Barang-barang yang ada di dalam toko juga berserakan. Ada telapak kaki di sebelah ATM dan 10 buah air mineral kosong. "Kami benar-benar sangat kaget atas kejadian yang terjadi itu dan untung saja tidak ada barang yang hilang di dalam toko," ujarnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Tasikmaya Kota, AKP Agung Tri Poerbowo mengatakan, aksi pembobolan mesin ATM berada di dalam minimarket tersebut dilakukan oleh kawanan pencuri dengan cara merusak plafon atas dan mereka membawa kabur uang tersebut. Akan tetapi, aksi yang dilakukan mereka itu dengan membawa las listrik dengan merusak mesin dan plafon atas.

"Kami masih melakukan penyelidikan, analisa dan pendalaman dari aksi pembobolan mesin ATM ini. Karena, mereka telah merusak plafon minimarket dan mesin ATM tersebut memakai las hingga barang milik pelaku yang ditinggal berupa linggis, tabung oksigen, tabung gas 3 kilogram dan kamera CCTV milik toko hingga kerugian mencapai Rp 136 juta," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: Direktur Indomaret Meninggal dalam Kecelakaan di Tol Cipularang

 

 

BERITA TERKAIT