15 October 2021, 14:37 WIB

Disperindag Kabupaten Tangerang dan SGU Dorong UMKM Miliki Daya Saing 


mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Disperindag Kabupaten Tangerang juga bekerja sama dengan Swiss German University (SGU) untuk mewujudkan UMKM unggul.

PANDEMI Covid-19 yang berjilid-jilid di Indonesia belum juga berakhir. Tidak sedikit jumlah orang yang terpapar di Indonesia. Bukan hanya ancaman nyawa yang menjadi momok menakutkan, namun keberlangsungan berbagai sektor di masa pandemi juga terancam.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan yang hadir dari kebijakan- kebijakan baru tersebut. Kebijakan ini terpaksa diambil demi menekan dan memutus penyebaran virus, mulai dari kebijakan pembatasan sosial berskala kecil hingga besar yang dilakukan di berbagai daerah.

Salah satu sektor yang paling terdampak kebijakan pandemi adalah sektor bisnis. Berbagai usaha kecil maupun menengah harus memutar otak untuk bisa terus bertahan di tengah masa sulit ini. Inovasi pun perlu dikembangkan demi keberlangsungan usaha sebagaimana yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Pemkab Tangerang mengadakan kegiatan Talkshow “Bela dan Beli” Produk Usaha Mikro pada Kamis (14/10). Talkshow itu bertujuan mewujudkan pemulihan ekonomi bagi pelaku usaha di Kabupaten Tangerang.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung dan mewujudkan peningkatan penjualan produk UMKM, terlebih di tengah kondisi pandemi ini," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Asda II) H.Yusuf dalam keterangan pers, Jumat (15/10).

"Tentu saja upaya yang kita lakukan ini menjadi salah satu cara konkrit guna membangkitkan kembali sektor ekonomi dan derajat kehidupan sosial masyarakat kita secara luas," jelasnya.

Kegiatan Bela dan Beli ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara membeli produk produk UMKM. Untuk mendukung program tersebut, Bank BJB membeli 700 paket UMKM senilai Rp 100 juta.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang juga bekerja sama dengan Swiss German University (SGU) untuk mewujudkan UMKM dan Industri kecil menengah yang memiliki daya saing unggul. Lewat Inkubator Bisnis dan Teknologi Digital Marketing Center atau IBT DMC.

Melalui saluran dana yang APBD senilai Rp1 miliar, Disperindag Kabupaten Tangerang mendukung segala pelaksanaan IBT DMC yang berupa Pelatihan & Pendampingan UMKM/IKM, Pembangunan Fasilitas Bersama dan Peningkatan Penjualan UMKM/IKM.

Segala bentuk kegiatan di IBT DMC juga didukung oleh tenaga ahli dari Swiss German Univeristy, baik mahasiswa maupun dosen-dosenya yang berpengalaman.

Selain itu, Swiss German Univeristy juga ikut turut serta mengembangkan UMKM/IKM lewat Dana Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Saat ini sudah ada 106 pendaftar yang terus mengembangkan usahanya agar terus lebih baik.

BERITA TERKAIT