10 October 2021, 23:28 WIB

Mangunan Masuk Nominasi 50 Desa Terbaik


Ant | Nusantara

Antara
 Antara
Hutan pinhs di Desa Mangunan

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Desa Wisata Kaki Langit, Mangunan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masuk nominasi 50 besar dari 1.831 desa wisata yang mengikuti lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kemenparekraf.

"Saya ucapkan selamat Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Kabupaten Bantul, sebagai 50 desa wisata terbaik," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga sesaat sebelum menandatangani prasasti di Desa Wisata Kaki Langit, Mangunan, Bantul, Minggu (10/10).

Sandiaga mengatakan, salah satu yang menjadi kunci daripada kesuksesan desa wisata Kaki Langit adalah kemampuan dalam menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat dengan membuka usaha jasa pariwisata dan ekonomi lainnya.

"Selain dari pada kemampuan kita untuk melibatkan masyarakat, juga ada 400 lebih usaha baru yang tumbuh sejak desa wisata ini berkegiatan, kalau dikali empat berarti ada 1.600 orang yang mendapatkan lapangan pekerjaan," katanya.

Sandiaga mengatakan, bahkan dengan adanya Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, pendapatan masyarakat dari belanja wisatawan yang dirasakan pelaku wisata seluruhnya di Desa Mangunan mencapai di atas Rp3 miliar. "Oleh karena itu tanpa berlama-lama saya tandatangani prasasti ini sebagai penanda kesuksesan dan prestasi yang sudah dicapai Desa Wisata Kaki Langit Mangunan," katanya.

Sandiaga mengatakan, kesuksesan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan juga tidak lepas dari kebijakan kepemimpinan pemerintah daerah yang telah memberdayakan masyarakat dan memberikan perhatian khusus terutama peningkatan sarana akses jalan menuju kawasan wisata.

"Yang saya lihat adalah kepemimpinan, kepemimpinan dari Ngarso Dalem (Gubernur DIY) yang memberdayakan masyarakat, dan membangun jalan yang kelasnya ini mungkin bisa dibilang salah satu jalan yang terbaik," katanya.

Menparekraf mengatakan, selanjutnya juga partisipasi masyarakat yang antusias dengan membuka usaha-usaha, seperti usaha mikro, yang akhirnya menggerakkan ekonomi masyarakat lokal, karena langsung merasakan dampak positif dari kegiatan pariwisata. "Begitu ekonomi bergerak, maka desa wisata ini dirasakan memberikan manfaat, Dan manfaat ini menjadi sarana kita untuk meningkatkan lapangan kerja, penghasilan, dan kesejahteraan. Itu kunci dari kesuksesan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT