08 October 2021, 12:26 WIB

Jokowi Minta Mangrove Center Bali Bisa Diperlihatkan ke Pemimpin G20


Arnoldus Dhae | Nusantara

MI/Arnoldus Dhae
 MI/Arnoldus Dhae
Presiden Joko Widodo di Pusat Konservasi Mangrove Bali

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan Pusat Konservasi Mangrove di Bali yang sudah dikembangkan sejak tahun 2003 menjadi model konservasi mangrove di Indonesia.

"Ini merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove di negara kita yang memadukan antara pendidikan atau edukasi, pariwisata dan juga untuk penguatan ekonomi masyarakat. Model rehabilitasi mangrove sepertinya yang ingin kita replikasi, kita copy untuk program rehabilitasi mangrove di provinsi-provinsi yang lainnya di Indonesia," ujar Presiden, Jumat (8/10).

Ia mengatakan, rehabilitasi mangrove di kawasan pesisir Indonesia akan terus dilakukan dengan tujuan untuk memulihkan dan melestarikan kawasan hutan mangrove, mengantisipasi dan memitigasi dari perubahan iklim dunia yang terus dan akan terjadi.

"Melalui penanaman mangrove ini kita harapkan bisa mengurangi energi gelombang laut, bisa melindungi pantai dari abrasi juga bisa menghambat intrusi air laut dan memperbaiki kualitas lingkungan baik di lingkungan air maupun habitat di daerah pantai dan kita harapkan ada peningkatan dari baik produksi ikan maupun hasil laut lainnya," tuturnya.

Baca juga:  Jokowi Bertemu Nelayan di Pusat Konservasi Mangrove Bali

Untuk kawasan mangrove, diharapkan produksi ikan dan hasil laut lainnya terutama kepiting bisa lebih baik dan yang paling akhir adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Di hadapan sejumlah menteri terkait, Jokowi meminta agar Pusat Konservasi Mangrove Bali bisa dikemas dan ditata lebih baik lagi. Sebab mangrove Bali bisa menjadi model dari seluruh konservasi mangrove di Indonesia dan bahkan dunia. Sebagai salah satu destinasi pariwisata, Jokowi minta agar Pusat Konservasi Mangrove Bali menjadi salah satu destinasi bagi para pemimpin negara anggota G-20 yang akan digelar di Bali tahun depan.

"Pusat Konservasi Mangrove Bali ini mungkin akan menjadi salah satu destinasi yang akan diperlihatkan kepada pemimpin-pemimpin G-20 tahun depan," pungkas Kepala Negara.(OL-5)

BERITA TERKAIT